Kompas TV nasional agama

PWNU Bali Jagokan Gus Yahya Staquf Jadi Ketua PBNU, Berharap Regenerasi Kader

Kompas.tv - 24 Oktober 2021, 11:12 WIB
pwnu-bali-jagokan-gus-yahya-staquf-jadi-ketua-pbnu-berharap-regenerasi-kader
Gus Yahya (tengah) dijagokan untuk jadi ketum PBNU pada muktamar 2021, ia tampak sedang berada dalam acara didampingi Savic Ali (LTN NU) (Sumber: Situs Resmi NU)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Fadhilah

BALI, KOMPAS.TV - Ketua PWNU Bali KH Abdul Aziz mendukung Gus Yahya Cholil Staquf sebagai ketua PBNU dalam gelaran Muktamar Ke-34 NU di Lampung, 23-25 Desember 2021.

Keputusan ini menurut kiai kharismatik asal Bali tersebut sudah dirapatkan dengan para pengurus dari bawah. Bahkan, para kader berharap terjadi regenerasi di tubuh organisasi yang lahir sejak 1926 itu.

"Tantangan kekinian jelas di depan mata, jawabannya adalah dengan regenerasi," tuturnya Sabtu (24/10), sebagaimana dikutip Antara.  

Ia lantas berharap akan terjadi regenerasi kepempinan di NU dan datangnya dari pusat (Jakarta-red). Secara khusus, dia pun mendoakan Gus Yahya bisa memimpin Tanfidizyah NU pada masa depan.

Baca Juga: Gus Yahya Setuju Dicalonkan Ketum PBNU, Begini Profilnya yang Gemar Safari ke Tokoh Agama Dunia

Saat ini Gus Yahya Cholil Staquf adalah Katib Aam PBNU dan santer diisukan akan menjadi penantang terkuat petahana, KH Said Aqil Siradj, yang sudah memimpin PBNU selama dua periode.

Alasan Dukung Gus Yahya Ketua PBNU

Lebih lanjut, Kiai Aziz menjelaskan, perubahan zaman yang juga berefek ke Umat Islam terjadi secara signifikan. Hal tersebut tentu membutuhkan kepemimpinan dan kader yang bisa mengatasi itu.

NU sebagai organisasi Islam terbesar, menurutnya, maupun NU sebagai perkumpulan ulama, mau tidak mau harus bisa merespons dengan cepat, tepat, dan bijak sesuai tradisi NU.

Kiai Aziz mengaku telah melakukan sejumlah pertemuan terbatas dengan kader potensial NU dan berkesimpulan bahwa salah satu jawaban paling menentukan masa depan NU adalah dilakukannya regenerasi kepengurusan, khususnya di tingkat pusat.

Baca Juga: GP Ansor Usul Nama Baru Jadi Ketum PBNU, Siapa Dia?

Hal senada juga diamini oleh Rais Syuriah PWNU Bali KH Noor Hadi Al Hafidz. Dia berharap agar warga NU segera mendapat Ketua Umum PBNU dari kalangan kader muda.

Alasannya, ke depan NU akan banyak dihadapkan pada persoalan-persoalan terkait problematika anak muda.

Terkait regenerasi di tubuh NU, Ketua PBNU Saifullah Yusuf mengatakan bahwa saat ini banyak yang menyebut terminologi regenerasi maka itu semata suara dari kalangan bawah NU.

"Suara-suara ini akan terus membesar hingga penyelenggaraan muktamar ke-34 mendatang di Lampung," ujarnya.

Sebelumnya, Gus Yahya bersilaturahim ke Pondok Pesantren Al Quran Raudlotul Huffadz di Tabanan, Bali, yang diasuh KH Noor Hadi Al Hafidz ditemani Ketua PBNU H Saifullah Yusuf, Ketua PWNU Bali KH Abdul Aziz, dan Ketua PW Ansor Bali Muhamad Yunus.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.