Kompas TV nasional wawancara

Bersih-bersih Pinjol Ilegal, Pakar TPPU: Siber Patrolinya Harus Digerakan

Minggu, 24 Oktober 2021 | 00:55 WIB

KOMPAS.TV - Pelaku penagih pinjol yang diduga menyebabkan warga Wonogiri bunuh diri akhirnya tertangkap dalam pengungkapan jaringan pinjol di Jakarta.

Korban pinjol diduga tertekan karena utangnya mencapai 51 juta lebih dari 25 aplikasi pinjol.

Menko Polhukam Mahfud MD meminta masyarakat yang terlanjur menjadi korban operasi pinjaman online ilegal tidak perlu membayar tagihan dan melapor ke polisi jika mengalami intimidasi.

22 Oktober kemarin, Menko Polhukam Mahfud MD mengungkap jeratan hukum pidana UU ITE bagi pelaku.

Kabaresrim Polri Komjen Agus Andrianto menegaskan, kepolisian meminta jajaran seluruh polda merespon cepat setiap laporan masyarakat yang menjadi korban teror penagihan pinjaman online illegal.

Otoritas Jasa Keuangan menghentikan 404 pinjaman online ilegal di tahun 2018 naik menjadi 1.493 di tahun 2019, 1026 di tahun 2020 dan 593 di 2021.

Baca Juga: Fakta-Fakta Kejahatan Pinjol Ilegal, Didanai WNA dan Peras Uang Rp20 Miliar dari Masyarakat

Selain teror pada korban dugaan pencucian uang mencuat dari operasi pinjaman online ilegal.

Ketua Satgas Waspada Investasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tongam Lumban Tobing menyebut, masih menunggu hasil penyelidikan kepolisian.

Pemerintah memberi perhatian serius terkait fakta jika pinjol ilegal merugikan masyarakat.

Kepolisian pun bergerak cepat menggerebek perusahaan pinjaman online ilegal di sejumlah daerah setelah Presiden Joko Widodo meminta aparat segera menindak pinjol ilegal.

Pakar Tindak Pidana Pencucian Uang dari Universitas Pakuan Yenti Garnasih mengatakan, patroli siber harus digerakan agar ada tindakan dari negara dan selain itu perlunya edukasi pada maskyaralat agar tidak mudah terjerat pinjol.

Menurut Yenti, pinjol membahayakan maskyarakat karena bunganya tinggi, dan tenornya lebih singkat.

Penulis : Natasha Ancely

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:55
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19