Kompas TV regional berita daerah

Budidaya Mangrove Di Sorong Ciptakan Lapangan Pekerjaan

Kompas.tv - 23 Oktober 2021, 19:30 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Selain menjadi tempat untuk berlindungnya biota laut dan menjaga agar tidak terjadi abrasi, ternyata budidaya mangrove dapat juga membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat, salah satunya yang terjadi pada budidaya mangrove kelompok Yonas Soe di jalan Victory Kota Sorong Papua Barat.

Kegiatan budidaya mangrove yang ditekuni masyarakat setempat ini, ternyata datang dari salah seorang pria parubaya, yang tinggal di jalan Victory Kota Sorong. Berkat ketekunananya ternyata usaha budidaya mangorve ini dapat memberikan pekerjaannya bagian keluarganya sendiri.

Setiap harinya mereka bisa memproduksi puluhan mangrove di tempat budidaya mengorve itu. Mulai dari mencari benih dalam hutan bakau, dan pengemabilan tanah pada saat surut, hingga menjaga agar tanaman mangorve ini tidak rusak, untuk siap di jual, dilakukan masyarakat ini, demi mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari.

Bahkan kelompok usaha mangorve milik Yonas Soe ini sudah bekerjasama dengan pemerintah, yang mana setiap hasil budidaya mangrove mereka akan dibayar oleh pemerintah, dalam bentuk upah setiap bulannya, dengan tujuan menjaga kelestarian alam dan juga membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat, terutama ditengah pandemi korona.

Nantinya setelah disemaikan selama kurang lebih 3 bulan, tanaman mangrove ini akan di beli oleh sejumlah instansi dan akan di tanaman pada area yang sering terjadi abrasi.

#SorongPapuaBarat #BudidayaMangrove #LapanganPekerjaan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Opini

"Arch of Constantine"

24 April 2024, 20:58 WIB

Close Ads x