Kompas TV regional berita daerah

Warga Binaan Pemasyarakatan di Banjarmasin Ikuti Manasik Haji dari dalam Lapas

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 18:54 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Mengenakan pakaian ihram layaknya melaksanakan ibadah haji sebanyak 235 warga binaan pemasyarakatan Lapas Kelas IIA Banjarmasin mengikuti manasik haji yang digelar di lapangan dalam lapas, selasa pagi (19/10/2021).

Baca Juga: Ditantang Berkelahi, Seorang Kakek Jadi Tersangka Setelah Penyerangnya Tewas

Tiap prosesi berhaji di antaranya lempar jumrah aqabah dilaksanakan dengan tertib dan serius oleh warga binaan.

Pun saat melaksanakan prosesi tawaf yaitu 7 kali mengelilingi replika Ka'bah lengkap dengan replika Hijir Ismai.
para warga binaan tampak khusyuk menjalaninya sembari melantunkan doa saat sedang tawaf.

Manasik haji kemudian dilanjutkan dengan simulasi ibadah sa'i yaitu lari-lari kecil antara bukit Safa dan Marwa sebanyak tujuh kali.

Dan diakhiri dengan tahallul atau pemotongan rambut yang mengakhiri ibadah haji dan umrah.

Kegiatan ini diakui warga binaan cukup berpengaruh pada spiritual mereka sehingga menimbulkan rasa haru dan keinginan meningkatkan kualitas ibadah seiring harapan dapat melaksanakan ibadah haji sesungguhnya.

"Saya sangat tergugah, ingin memperbaiki ibadah sebab itu juga yang harus dilakukan sebelum berhaji, semoga di sisa hidup ini bisa melaksanakannya," ucap seorang warga binaan, M. Hasanuddin.

Baca Juga: Mahasiswa Demo Saat Jokowi Berkunjung Ke Kalsel, Tuntut Evaluasi 7 Tahun Kepemimpinan

Manasik haji ini merupakan rangkaian peringatan maulid nabi di lapas banjarmasin dengan tujuan selain pelatihan juga menggugah iman warga binaan agar termotivasi memperbaiki diri.

"Mereka dapat memperbaiki diri melalui kegiatan ini, selain itu juga kita harapkan warga binaan bisa mengajarkannya suatu saat nanti," terang Kepala Lapas Banjarmasin,  Porman Siregar.

Penulis : KompasTV Banjarmasin

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:20
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19