Kompas TV nasional budaya

Bikin Bangga, Batik Motif Biota Laut Mejeng di Expo 2020 Dubai, Pemerintah: Representasi Indonesia

Kompas.tv - 23 Oktober 2021, 17:30 WIB
bikin-bangga-batik-motif-biota-laut-mejeng-di-expo-2020-dubai-pemerintah-representasi-indonesia
Tampilan batik biota laut yang dipamerkan di Paviliun Indonesia pada gelaran Expo 2020 Dubai, Uni Emirat Arab. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Gading Persada

DUBAI, KOMPAS.TV - Batik dengan motif kekayaan biota laut Indonesia menjadi salah satu yang dipamerkan di Paviliun Indonesia pada gelaran Expo 2020 Dubai, Uni Emirat Arab.

Pemerintah melalui Plt Kepala Divisi Lembaga Kemasyarakatan dan Civil Society, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Sulthan Muhammad Yusa mengatakan, batik tersebut tak hanya hadir sebagai representasi Indonesia semata namun juga membawa pesan khusus.

"Kehadiran kami di Expo 2020 Dubai merupakan momentum yang luar biasa," kata Sulthan dalam keterangan persnya, Sabtu (23/10/2021).

"Melalui demo batik biota laut, kami juga ingin mengajak dunia untuk mencintai laut membangun kehidupan yang berkelanjutan untuk masa depan generasi-generasi mendatang," imbuhnya.

Baca Juga: Dibully Netizen Indonesia karena Klaim Batik, Miss World Malaysia Minta Maaf

Batik yang merupakan warisan budaya Indonesia dan telah diakui dunia, memang cocok menjadi wadah untuk menyuarakan sebuah pesan positif melalui motif-motifnya.

Hal tersebut pun tak dipungkiri oleh Siti Zunaiyah Budiarty, salah seorang pengrajin batik yang hadir di Paviliun Indonesia.

"Motif pada batik dulunya merupakan sebuah simbol yang digunakan oleh para pengrajin sebagai bentuk rasa syukur kepada alam dan manusia," terang Siti.

"Kami membawa batik dengan motif biota laut yang bertujuan untuk mengungkapkan rasa syukur masyarakat Indonesia atas anugerah kekayaan alam bawah laut yang kita miliki," sambungnya.

Baca Juga: Peragaan Busana Yayasan Batik Indonesia: Kesempatan Generasi Muda untuk Berkarya

Seperti yang diketahui bersama, sebagai negara kepulauan yang 70 persen wilayahnya adalah perairan, lautan Indonesia menyimpan keanekaragaman hayati yang luar biasa.

Setidaknya ada lebih dari 8.500 spesies ikan, 555 spesies rumput laut, dan 950 spesies terumbu karang yang bisa ditemukan di kedalam laut Indonesia.

"Jika dilihat, warna biru pada motif batik ini menggambarkan lautan, sedangkan simbol ikan, terumbu karang, dan rumput laut menggambarkan kekayaan biota laut Indonesia," jelas Siti.

Tak kalah menariknya, batik biota laut yang dipamerkan di Expo 2020 Dubai tersebut dibuat menggunakan inovasi bio wax parafin, menggantikan lilin berbasis minyak bumi mentah yang biasa digunakan untuk melukis motif batik.

Baca Juga: Lestarikan Batik, Pemprov Lampung Ingin Generasi Muda Kembangkan Batik Kekinian

Adapun, bio wax parafin terbuat dari minyak sawit sehingga mampu memberikan warna yang lebih tajam dan cerah pada batik, seperti merah, biru muda, cokelat tua, dan cokelat muda.

Alasan kenapa batik biota laut menggunakan lilin jenis baru tersebut karena lebih ramah lingkungan, mengingat bahan bakunya dari minyak sawit yang sudah teruji sebagai sumber daya alam yang terbarukan

Selain itu, dalam proses pembuatan bio wax parafin, limbah yang dihasilkan pun dapat dengan mudah terurai kembali ke alam.

BPDPKS menambahkan, tak hanya bio wax parafin, produk olahan minyak kelapa sawit lainnya yang dipamerkan di Paviliun Indonesia adalah lilin aromaterapi dan cairan pembersih tangan atau hand sanitizer.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.