Kompas TV olahraga kompas sport

Adu Penalti di Inggris Pecahkan Rekor dengan 44 Tembakan, Ditinggal Ambil Makanan pun Belum Rampung

Kompas.tv - 23 Oktober 2021, 16:55 WIB
adu-penalti-di-inggris-pecahkan-rekor-dengan-44-tembakan-ditinggal-ambil-makanan-pun-belum-rampung
Adu penalti antara Old Wulfrunians vs Lane Head yang memecahkan rekor adu penalti terpanjang di Inggris, Selasa (19/10/2021). (Sumber: BBC)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

BIRMINGHAM, KOMPAS.TV - Pertandingan turnamen regional West Midlands, Inggris memecahkan rekor adu penalti terpanjang di negara itu. Duel ini memerlukan 44 tembakan untuk menentukan pemenang.

Partai antara Old Wulfrunians vs Lane Head ini digelar dalam ronde pertama Piala JW Hunt pada 19 Oktober 2021 lalu.

Old Wulfrunians dan Lane Head bermain imbang 3-3 hingga laga bubaran. Karena babak perpanjangan waktu ditiadakan untuk mempersingkat pertandingan, dua tim ini langsung beradu penalti.

Nyatanya, adu penalti akhirnya sama sekali tak berjalan singkat. Adu penalti ini menjadi ajang sangat sibuk bagi masing-masing kiper, Danny Tipton dan Tom Kirkpatrick.

Baca Juga: Aksi Tengil Emiliano Martinez: Tantang Ronaldo Ambil Penalti hingga Jogeti Kegagalan Bruno Fernandes

Saking lamanya, ketua klub Old Wulfrunians sempat pergi mengambil makanan dan adu penalti belum selesai ketika ia kembali.

“Setelah penalti ke-22, saya pergi untuk mengambil fish and chips untuk tim. Namun saat saya kembali, adu penaltinya masih berjalan,” kata Ketua Old Wulfrunians Simon Marsh kepada BBC.

Setelah duel intens, Old Wulfrunians memenangi adu penalti dengan skor 19-18. Lane Head gagal melesakkan penalti ke-43 dan lawannya sukses mengonversi penalti ke-44.

Untung bagi Simon, adu penalti belum berakhir saat ditinggal mengambil makanan di toko yang berjarak sekitar satu kilometer dari lapangan. Pasalnya, putranya yang bertanding, Jack Marsh sukses mengonversi penalti kemenangan.

“Saya tepat waktu untuk menyaksikan penalti terakhir lawan dihalau dan saya menyaksikan Jack mencetak gol. Ini luar biasa,” kata Simon.

Adu penalti antara Old Wulfrunians vs Lane Head berlangsung sekitar setengah jam.

Rekor 44 penalti ini mengalahkan rekor adu penalti terlama Inggris yang sebelumnya diatribusikan kepada dua pertandingan, yakni Chelsea U-23 vs Oxford United dan Taunton Town vs Truro City, masing-masing 34 tendangan.

Akan tetapi, adu penalti Old Wulfrunians masih kalah empat tembakan alias dua ronde tendangan lagi untuk menyamai rekor dunia.

Rekor adu penalti terpanjang saat ini dipegang laga KK Palace vs Civic di Piala Namibia 2005 dengan total 48 tembakan. Laga ini juga tercatat sebagai adu penalti terpanjang di kompetisi sepak bola papan atas.

Rekor 44 penalti Old Wulfrunians vs Lane Head menyamai jumlah yang dicatatkan Argentinos Juniors vs Racing Club di Liga Argentina 1987/88. Waktu itu, Argentinos mengalahkan Racing Club 20-19 via adu penalti.

Baca Juga: MU Belum Dapat Tendangan Penalti Musim Ini, Ole Gunnar Solskjaer Salahkan Juergen Klopp


 



Sumber : BBC

BERITA LAINNYA



Close Ads x