Kompas TV internasional kompas dunia

Baku Tembak Geng Narkoba Meksiko Tewaskan Dua Turis

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 13:58 WIB
baku-tembak-geng-narkoba-meksiko-tewaskan-dua-turis
Polisi mendatangi TKP baku tembak di Tulum, Meksiko pada Jumat (22/10/2021). Baku tembak ini menewaskan dua turis yang sedang bersantai di restoran. (Sumber: Christian Rojas/Associated Press)

TULUM, KOMPAS.TV - Baku tembak yang terjadi di sebuah area wisata di Tulum, Meksiko menewaskan dua turis dan melukai tiga lainnya. Dua turis yang tewas diketahui berasal dari Jerman dan Amerika Serikat (AS). Sementara dua korban luka berasal dari Jerman, dan Belanda.

Otoritas negara bagian Quintana Roo, Meksiko mengidentifikasi korban tewas sebagai Anjali Ryot, warga California yang lahir di India. Satu korban tewas lain diketahui bernama Jennifer Henzold, tetapi tempat asalnya belum diketahui.

Ryot dan Henzold terjebak baku tembak yang diduga antara dua geng narkoba di restoran yang menyediakan tempat duduk di luar ruangan. Baku tembak ini terjadi di Mini Quinta, area bar dan restoran di Tulum, Rabu (20/10/2021) malam waktu setempat.

Baca Juga: Sadis, Kartel Narkoba Meksiko Kirim Kepala Terpenggal ke Kepala Polisi Baru sebagai Ancaman

Setelah penembakan ini, pada Jumat (22/10), organisasi Citizens Observatorio of Tulum merilis pesan yang ditampilkan di sebuah pasar di Tulum. Pesan itu ditandatangani oleh geng narkoba Los Pelones.

Los Pelones mengklaim terlibat dalam baku tembak yang menewaskan turis tersebut. Geng itu disebut mengancam akan mengganggu jika tidak diberi uang keamanan.

"Penembakan itu adalah peringatan, jadi kamu bisa lihat kalau kami serius. Kamu sebaiknya mengantre atau kami akan menghajar tempat-tempat lain seperti Mini Quinta. Kami punya kontrol disini,” tulis pesan tersebut.

Los Pelones diketahui menjadi bagian Kartel Teluk yang sering memeras bisnis di Cancun, sekitar dua jam perjalanan ke utara Tulum.

Geng ini diduga melebarkan area operasi hingga ke Playa del Carmen dan Tulum.

Geng itu juga diketahui berperang dengan Kartel Jalisco serta kelompok-kelompok lain demi menguasai pasar narkoba di Tulum dan sekitarnya.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Keseruan Bermain “Squid Game”

Rabu, 24 November 2021 | 17:10 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
17:20
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19