Kompas TV religi beranda islami

Sering Lupa Baca Basmalah sebelum Makan? Bisa Diganti dengan Doa Ini

Kompas.tv - 23 Oktober 2021, 14:13 WIB
sering-lupa-baca-basmalah-sebelum-makan-bisa-diganti-dengan-doa-ini
Ilustrasi. Sering lupa baca basmalah sebelum makan? Baca doa ini saat Anda teringat belum baca doa di tengah-tengah makan. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Membaca basmalah sebelum makan adalah doa yang dianjurkan bagi umat Islam. Namun tak jarang, kita lupa untuk membacanya. Baru ingat saat sudah kenyang. 

Apalagi jika kita sedang begitu lapar dan makanan yang kita inginkan sudah tersaji di depan mata. Biasanya kalau sudah begitu, kita langsung menyantapnya dan baru teringat belum membaca doa di tengah-tengah.

Untuk itulah, doa di bawah ini bisa dijadikan pengganti basmalah saat makan. Cukup dibaca ketika kita ingat di tengah-tengah makan atau seusai makan. Hal ini berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Aisyah RA.

Baca Juga: Doa Agar Cepat Dapat Jodoh, Para Jomblo Silakan Baca

Istri Nabi Muhammad SAW itu mendengar langsung dari Rasulullah tentang sunnah membaca nama Allah ketika hendak makan. Adapun ketika baru teringat di tengah-tengah atau usai makan, hendaknya ia membaca doa ini sebagai pengganti.

Rasul bersabda: “Apabila seorang ingin makan, hendaknya dia membaca ‘bismillah’. Dan jika lupa membaca di awalnya, hendaknya ia membaca ‘bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi’.”  (Muttafaq Alaih).

Doa ketika lupa baca basmalah saat makan

Teks doa ketika lupa baca basmalah saat makan (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)

Latin: Bismillahi Fii Awwalihi Wa Aakhirihi
Artinya: Dengan menyebut Asma Allah di awal dan di akhirnya.

Semoga kita tidak lupa baca basmalah ya saat makan. Tapi jika lupa sesekali, bisa ganti dengan doa ini.

Wallahu a'lam bisshowab. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x