Kompas TV internasional kompas dunia

Setahun Ditutup, Mesir Izinkan Toilet Masjid Kembali Dibuka tapi Hanya 15 Menit sebelum Waktu Salat

Kompas.tv - 23 Oktober 2021, 12:15 WIB
setahun-ditutup-mesir-izinkan-toilet-masjid-kembali-dibuka-tapi-hanya-15-menit-sebelum-waktu-salat
Ilustrasi. Pemerintah Mesir kembali memperbolehkan masjid membuka toiletnya untuk jemaah, namun hanya 15 menit sebelum waktu salat. (Sumber: Dokumentasi resmi pemerintah Mesir/Egypt.Gov)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Edy A. Putra

CAIRO, KOMPAS.TV - Setelah setahun ditutup karena Covid-19, pemerintah Mesir memutuskan untuk memperbolehkan kembali toilet masjid dibuka untuk jemaah. Namun toilet hanya boleh dibuka 15 menit sebelum masuk waktu salat. Setelahnya, toilet akan ditutup kembali bersamaan dengan penutupan masjid.

Pembukaan toilet masjid ini hanya boleh ketika memasuki waktu salat dan tidak dilarang di waktu-waktu biasa. Keputusan dikeluarkan oleh Kementerian Wakaf Mesir untuk mencegah penularan Covid-19.

“Toilet di masjid harus dibuka 15 menit sebelum azan, dan kemudian ditutup lagi segera setelah salat berakhir, bersamaan dengan waktu penutupan masjid,” bunyi keputusan itu seperti dikutip dari Egypt Today pada Sabtu (23/10/21).

Pada 19 Maret 2020, Kementerian Wakaf Mesir menginstruksikan seluruh imam dan pengurus masjid untuk mempersingkat waktu salat Jumat. Hal ini akibat melonjaknya kasus Covid-19 di negeri Piramida tersebut.

Sejak saat itu pula, masjid-masjid menutup semua toilet dan tempat wudu di luar waktu salat. Para jemaah terkadang mengakali dengan wudu atau bebersih dulu sebelum memasuki area masjid.

Baca Juga: Mesir Lantik 98 Perempuan Jadi Hakim Dewan Negara, Ini Alasannya

Keputusan terkini tentang diperbolehkan ke toilet 15 menit sebelum salat dikecualikan ketika hari Jumat saat para jemaah hendak melakukan salat Jumat. 

Kementerian Wakaf Mesir yang juga membawahkan kawasan keagamaan itu menambahkan, ketika Jumat tiba, toilet di masjid boleh dipergunakaan jemaah dengan durasi waktu 30 menit sebelum azan pertama salat Jumat, lalu diminta menutup kembali setelah usai salat Jumat.

Setelahnya, masjid diminta untuk ditutup kembali dan mengikuti peraturan awal terkait buka-tutup toilet masjid, yakni 15 menit sebelum azan di waktu salat. Selain itu, akan diadakan lagi sterilisasi masjid dengan ketat guna mencegah penularan virus Covid-19.

Baca Juga: Mesir Perintahkan Cegah Masuknya Buku Ekstremisme dan Ikhwanul Muslimin dari Masjid Seluruh Negeri

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x