Kompas TV entertainment musik

Kini Tinggal Sendiri, Rhoma Irama Cerita Soneta yang Tak Punya Pewaris

Kompas.tv - 23 Oktober 2021, 11:50 WIB
kini-tinggal-sendiri-rhoma-irama-cerita-soneta-yang-tak-punya-pewaris
Raja Dangdut Rhoma Irama saat konser tahun baru 2020 di Bundaran Hotel Indonesia (Sumber: dok. Rhoma Irama/rhomairama.info)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Raja Dangdut Rhoma Irama merupakan orang terakhir di Orkes Melayu Soneta atau Soneta Group, yang dia dirikan bersama delapan kawannya. Tujuh sahabatnya sudah pergi meninggalkan dunia fana.

"Delapan personel Soneta saat berdiri. Tujuh sudah meninggal tinggal saya sendiri," kata Rhoma Irama saat ditemui di kawasan Depok pada Rabu (13/10/2021). 

Group Soneta, yang kini berusia 48 tahun itu, pertama kali deklarasikan pada 13 Oktober 1973. 
Dalam perjalanan musiknya, Soneta bukan saja merajai tangga lagu dangdut, namun menjadi kiblat banyak grup dangdut lainnya. Berbagai album sudah berhasil mereka keluarkan.

Baca Juga: Duet Paling Ditunggu, Rhoma Irama Siapkan Lagu Baru Bareng Elvy Sukaesih

Namun, bila pun Rhoma menyusul tujuh sahabatnya, dia memastikan keberadaan Soneta pun akan berakhir tanpa pewaris.   

"Jadi, kalau saya juga meninggal dunia, Soneta close, Soneta selesai, tidak ada lagi Soneta," kata Rhoma Irama yang masih tampak bugar dalam usianya yang memasuki 74 tahun itu.

Sementara itu, Rhoma Irama rupanya sudah memiliki surat wasiat yang diberikan kepada keluarganya.

"Saya sudah pesan sama anak-anak ahli waris, 'nanti kuburkan saya di sini (Museum Soneta), di lapangan sini'. Biar melengkapi Museum Soneta ini," tambahnya.

Namun, lokasinya masih dalam wacana untuk dijadikan museum. Tempat itu adalah Soneta Record, studio rekaman yang berlokasi di kawasan Depok, Jawa Barat.

Baca Juga: Kocak! Erick Thohir Minta Seorang Pria Nyanyikan Lagu Rhoma Irama

Soneta Group didirikan dengan mengusung "Voice of Moslem" yaitu memadukan antara musik Melayu yang sudah mengalami pembaharuan dan musik rock yang kalu itu digilai para remaja. Namun bukan hanya soal musik, tapi juga mengusung nilai-nilai dakwah dalam setiap lirik yang dibawakan.

Delapan personel Soneta yaitu, Rhoma Irama  (Vokal / Gitar), Nasir (Mandolin), Hadi  (Seruling), Riswan (Keyboard), Ayub (Tamborine), Herman (Bass), Wempy (Rhythm), dan Kadir (Gendang). 

Dalam perjalanan karirnya, Soneta setidaknya sudah menelurkan 16 album yang rata-rata meledak di pasaran. Sebut saja album "Begadang" yang melambungkan nama Rhoma dan Soneta. Hingga detik ini, lagu tersebut masih sering dinyanyikan dan digemari tua dan muda.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.