Kompas TV tekno internet

Bos Twitter Jack Dorsey Mengejek Ide Mark Zuckerberg Bikin Facebook Jadi Metaverse

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 10:09 WIB
bos-twitter-jack-dorsey-mengejek-ide-mark-zuckerberg-bikin-facebook-jadi-metaverse
CEO Twitter, Jack Dorsey ejek ide metaverse Mark Zuckerberg. (Sumber: cnet.com via Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV – CEO Twitter Jack Dorsey mengejek ide CEO Facebook Mark Zuckerberg untuk mengubah Facebok menjadi metaverse dengan menyebutnya sebagai distopia.

Untuk diketahui, metaverse mengacu pada versi internet pada masa depan. Yakni ketika orang-orang tidak lagi menggunakan web melalui laptop atau ponsel untuk mengakses internet, melainkan menggunakan virtual realitas dan perangkat augmented-reality untuk memasuki ruang virtual.

Pada Rabu (20/10/2021), Jack Dorsey me-retweet cuitan dari seorang netizen yang menyebutkan asal-usul istilah metaverse. Dorsey tampak menyetujui pemikiran yang mengatakan ide tersebut adalah sebuah distopia.

Baca Juga: Facebook Berencana Ganti Nama, Ada Apa?

“Istilah metaverse diciptakan oleh Neal Stepehenson di buku ‘Snow Crash’ dan itu awalnya menggambarkan metaverse sebagai dunia virtual yang dimiliki perusahaan, di mana end users/pengguna diperlakukan seperti warga negera dalam kediktatoran perusahaan distopian. Bagaimana jika Neal benar?” cuit akun @udiWertheimer.

Bos Twitter tersebut lantas me-retweet cuitan tersebut dan menuliskan “Narator. Dia.”. Kata ‘Dia’ mungkin merujuk pada Mark Zuckerberg.

Distopia sendiri merupakan istilah yang diartikan sebagai kondisi dunia yang sangat buruk, masyarakat yang tidak didampakan, tempat yang tidak baik, dan terkesan menakutkan.

Istilah ini merupakan kebalikan dari utopia yang berarti keadaan dunia yang ideal tanpa kejahatan atau kemiskinan.

Baca Juga: Kembangkan Metaverse, Facebook akan Rekrut 10.000 Pekerja

Seperti diketahui, Bos Facebook belakangan ini tampak serius dengan idenya membuat Facebook sebagai sebuah metaverse, alih-alih sebagai media sosial pada umumnya.

Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas TV/Business Insider



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:46
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19