Kompas TV regional peristiwa

Cuaca Ekstrem Akibatkan Longsor dan Ratusan Rumah Rusak

Kompas.tv - 23 Oktober 2021, 06:42 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah dari Jumat sore hingga malam membuat sejumlah titik jalan mengalami longsor.

Petugas dari BPBD, PMI, aparat TNI dan Polri bekerja sama untuk memotong batang-batang pohon yang tumbang akibat tanahnya tergerus longsor. Akses jalan tertutup sehingga jalur antar kecamatan tak berfungsi.

Dari data Pemkab Pekalongan, ada delapan titik longsor disertai pohon tumbang di jalur antar Kecamatan Karanganyar-Lebakbarang. Pohon tumbang dan longsor di jalur antar kecamatan itu terjadi sejak Jumat petang saat hujan deras turun.

Masyarakat yang akan melintas terpaksa memutar ke kecamatan paninggaran, karena hingga Jumat malam, masih ada tiga titik longsor dan pohon tumbang.

Sementara di Kudus, Jawa Tengah, ratusan rumah warga di empat desa, rusak akibat diterjang puting beliung.

Hujan lebat disertai angin kencang terjadi di sebagian wilayah Kecamatan Undaan yang mengakibatkan 103 rumah warga mengalami kerusakan.

Kerusakan terbanyak berada di bagian atap mulai dari kategori ringan hingga berat. Empat desa yang terdampak puting beliung yakni Desa Kalirejo, Medini, Glagah Waru dan Lambangan. 

Warga terdampak berharap Pemkab Kudus dapat memberikan bantuan berupa genteng dan material bangunan untuk perbaikan rumah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x