Kompas TV internasional kompas dunia

Liga Muslim Dunia dan Kongres Yahudi Dunia Desak PBB Advokasi Dialog Antaragama dan Perdamaian

Kompas.tv - 23 Oktober 2021, 07:05 WIB
liga-muslim-dunia-dan-kongres-yahudi-dunia-desak-pbb-advokasi-dialog-antaragama-dan-perdamaian
Presiden Kongres Yahudi Dunia, kiri, Sekjen Liga Muslim Dunia, tengah, dan Sekjen PBB, kanan, bertemu di markas PBB, mendesak PBB mengadvokasi kebebasan beragama dan mengakhiri kekerasan terhadap rumah ibadah. (Sumber: Arab News)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

LONDON, KOMPAST.TV - Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia dan Presiden Kongres Yahudi Dunia mendesak Sekretaris Jenderal PBB untuk mengadvokasi kebebasan beragama dan mengakhiri kekerasan terhadap rumah ibadah, seperti dilansir Arab News, Kamis (21/10/2021).

Selama pertemuan dengan Sekjen PBB Antonio Guterres di PBB pada hari Selasa lalu, kedua pemimpin agama mendesak sekretaris jenderal untuk mempromosikan dialog antaragama dan koeksistensi sebagai cara untuk menempa konsensus tentang banyak tantangan terbesar dunia.

Mereka menekankan agama memiliki kekuatan unik untuk menyatukan individu mengingat sumber bersama mereka adalah rahmat dan kedamaian.

“Dunia berada di bawah ancaman dari individu dan kelompok jahat yang berusaha menggunakan kebencian, kekerasan, dan diskriminasi untuk menargetkan Muslim, Yahudi, dan banyak komunitas global lainnya,” kata Dr Mohammed bin Abdulkarim Al-Issa.

“Untungnya, bagaimanapun, kita melihat kemitraan antaragama berkembang lebih dari sebelumnya saat kita bersatu untuk melawan momok rasisme dan ekstremisme, dan membangun jembatan toleransi, pengertian, perdamaian dan harmoni,” katanya.

Sementara itu, Presiden WJC Ronald S Lauder mengatakan dunia harus berdiri bersama melawan rasisme.

“Kampanye melawan rasisme, antisemitisme, Islamofobia, dan manifestasi kebencian lainnya akan jauh lebih efektif jika mereka dipersatukan, baik oleh agama Ibrahim maupun agama lain di seluruh dunia,” kata Lauder.

“Kami percaya dalam bekerja menuju dunia yang lebih baik, untuk generasi yang akan datang,” tambahnya.

Baca Juga: Nasib Orang Yahudi Terakhir di Afghanistan, Tak Takut Taliban namun Khawatir Diculik ISIS

Presiden Kongres Yahudi Dunia, Sekjen Liga Muslim Dunia, dan Sekjen PBB, bertemu di markas PBB, mendesak PBB mengadvokasi kebebasan beragama dan mengakhiri kekerasan terhadap rumah ibadah (Sumber: Arab News)

Kedua pemimpin agama memperbarui komitmen mereka untuk bekerja sama mempromosikan toleransi beragama di seluruh dunia dan memanfaatkan pengaruh mereka sebagai pemimpin organisasi global independen yang apolitis tetapi memiliki kedudukan moral yang signifikan.

Liga Muslim Dunia dan Kongres Yahudi Dunia mengeluarkan pernyataan bersama di hadapan Dewan Hak Asasi Manusia PBB di Jenewa pada 4 Oktober yang menjanjikan komitmen antaragama untuk mempromosikan dan melindungi hak asasi manusia untuk semua.

Ini menandai pertama kalinya pernyataan terkoordinasi disampaikan oleh kelompok perwakilan Yahudi dan Muslim di hadapan badan PBB.

Kedua organisasi tersebut menegaskan kembali perlunya menjaga kebebasan beragama secara global dan hak individu untuk menjalankan agama mereka sebagai hak asasi manusia.

 

 



Sumber : Arab News

BERITA LAINNYA



Close Ads x