Kompas TV internasional kompas dunia

Intelijen Amerika Serikat Peringatkan, China Bisa Segera Mendominasi Teknologi Maju

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 04:40 WIB
intelijen-amerika-serikat-peringatkan-china-bisa-segera-mendominasi-teknologi-maju
Ambisi China mengembangkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence dan berbagai teknologi canggih akhirnya akan memberi Beijing keunggulan militer dan mungkin dominasi di sektor perawatan kesehatan dan sektor penting lainnya di Amerika Serikat, demikian peringatan intelijen Amerika Serikat seperti dilansir Associated Press, Sabtu 23 Oktober 2021. (Sumber: AP Photo/Andy Wong)

WASHINGTON, KOMPAS.TV — Para pejabat Amerika Serikat mengeluarkan peringatan baru tentang ambisi China mengembangkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence dan berbagai teknologi canggih untuk memberi Beijing keunggulan militer dan mungkin mendominasi di sektor perawatan kesehatan dan sektor penting lainnya di Amerika Serikat.

Peringatan itu mengingatkan eksekutif bisnis, akademisi, dan pejabat pemerintah dan negara bagian tentang risiko menerima investasi atau keahlian China di sektor industri utama, kata pejabat di Pusat Kontra Intelijen dan Keamanan Nasional.

Penjabat direktur pusat kontra-intelijen, Michael Orlando mengatakan kepada wartawan pada hari Kamis, bahwa Amerika Serikat “tidak boleh kalah” dari China di beberapa bidang utama yaitu kecerdasan buatan, sistem otonom, komputasi kuantum, semikonduktor, dan bioteknologi.

Orlando mencatat dunia usaha dan akademisi China terikat pada Partai Komunis China dan diharuskan untuk melayani kepentingan partai.

“Meskipun kami mengatakan ini selama bertahun-tahun, orang-orang tidak mencerna ini,” katanya seperti dilansir Associated Pers, Jumat (22/10/2021).

Orlando menolak mengatakan apakah Amerika Serikat harus memberlakukan pembatasan yang lebih ketat atau larangan langsung terhadap investasi China di sektor-sektor tertentu, dengan mengatakan perannya bukan untuk menyarankan kebijakan.

Baca Juga: Bukan Main, China Resmi Buka Jalan Tol Sepanjang 2.500 kilometer Sambungkan Beijing dengan Xinjiang

Seorang staf menguji sampel vaksin nonaktif COVID-19 di pabrik pembuatan vaksin China National Pharmaceutical Group (Sinopharm) di Beijing, ibu kota China, pada 11 April 2020. (Sumber: Xinhua/Zhang Yuwei)

Tetapi pusat kontra-intelijen mengadakan pengarahan rutin dengan industri swasta dan akademisi sambil mengakui dunia industri dan berbagai universitas mungkin masih ingin mencari mahasiswa, pakar, dan investor dari China, kata Orlando. Dia tidak akan menyebutkan perusahaan yang telah bertemu dengan pusat tersebut.

Sementara pemerintah federal tidak bermaksud untuk mengarahkan para pejabat untuk menolak investasi China, peringatan itu akan mendorong upaya untuk mengontrol kekayaan intelektual dan menerapkan langkah-langkah keamanan.

Badan-badan keamanan nasional di bawah pemerintahan Presiden Joe Biden membuat kampanye publik yang agresif terhadap China, di mana beberapa pejabat menyebut China sebagai ancaman strategis terbesar bagi Amerika Serikat.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:26
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19