Kompas TV internasional kompas dunia

Diintimidasi Militer Ethiopia dengan Serangan Udara, Pesawat PBB Batal Mendarat

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 04:05 WIB
diintimidasi-militer-ethiopia-dengan-serangan-udara-pesawat-pbb-batal-mendarat
Asap hitam nan tebal mengepul dari serangan udara militer Ethiopia di Mekele, ibu kota Tigray, Ethiopia, Rabu (20/10/2021). Serangan udara militer Ethiopia di kawasan Tigray memaksa sebuah pesawat pengangkut personel bantuan kemanusiaan milik Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) batal mendarat, Jumat (22/10/2021). (Sumber: AP Photo, File)

TIGRAY, KOMPAS.TV - Serangan udara militer Ethiopia di kawasan Tigray memaksa sebuah pesawat pengangkut personel bantuan kemanusiaan milik Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) batal mendarat, Jumat (22/10/2021).

“Sebuah pesawat Layanan Udara Kemanusiaan PBB yang telah dipersilakan oleh otoritas federal untuk mengangkut 11 penumpang dari Addis Ababa ke Mekele pada 22 Oktober, menerima instruksi untuk membatalkan pendaratan oleh menara kontrol Bandara Mekele,” kata Badan Pangan Dunia (WFP) pada Associated Press.

Juru bicara pemerintah Ethiopia Legesse Tulu menyatakan, otoritas setempat mengetahui penerbangan PBB tengah berada di area itu dan akan mendarat.

Namun, ia menyebut, pesawat PBB dan militer Ethiopia memiliki “waktu dan arah yang berbeda”. Masih belum jelas seberapa dekat pesawat milik PBB itu berhadapan dengan pesawat militer Ethiopia, hingga memaksa pesawat PBB batal mendarat.

Pesawat PBB kemudian terbang kembali ke Addis Ababa.

Baca Juga: Serangan Udara Ethiopia ke Ibu Kota Tigray Tewaskan 3 Anak-Anak

Insiden itu ditengarai sebagai taktik intimidasi oleh pemerintah terhadap para pekerja kemanusiaan di tengah perang yang berkecamuk di Ethiopia.

Menurut WFP, seluruh penerbangan serupa menuju Mekele “telah ditangguhkan hingga pengumuman selanjutnya”. Kota itu merupakan basis utama operasi kemanusiaan di Tigray.

Perpecahan antara pemerintah dan kelompok-kelompok kemanusiaan terjadi di tengah krisis kelaparan terburuk di dunia dalam satu dekade terakhir itu. Hampir setengah juta orang di Tigray tengah mengalami kondisi kelaparan.

Sejak Juni, pemerintah Ethiopia memblokir hampir seluruh akses menuju kawasan Tigray yang dihuni sekitar 6 juta jiwa itu. AP melaporkan, orang-orang mulai mengalami kelaparan hingga tewas.

Pemandangan Mekele, ibukota Tigary, Ethiopia dari lubang peluru bekas pertempuran yang mengenai kaca jendela Rumah Sakit Ayder Referral. Foto diambil pada Mei 2021. (Sumber: Ben Curtis/Associated Press, File)

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:48
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19