Kompas TV nasional politik

Istana Jawab Isu Reshuffle di Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin

Kompas.tv - 23 Oktober 2021, 06:10 WIB
istana-jawab-isu-reshuffle-di-dua-tahun-pemerintahan-jokowi-ma-ruf-amin
Pelantikan enam menteri baru hasil reshuffle di Istana Negara oleh Presiden Jokowi, Rabu (23/12/2020). (Sumber: Tangkapan layar Youtube KompasTV)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV – Jelang dua tahun masa kerja Kabinet Indonesia Maju di bawah Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’aruf Amin, isu reshuffle kabinet kembali mencuat. Hal ini sehubungan masuknya gerbong baru yaitu Partai Amanat Nasional (PAN) dalam kereta koalisi pendukung pemerintah.

Lantas bagaimana Istana menanggapi isu perombakan kabinet?

Juru Bicara Presiden RI Fajdroel Rachman angkat suara soal isu reshuffle ini. Dia mengatakan Presiden Jokowi sendiri yang mengetahui soal reshuffle atau pun evaluasi terhadap kabinet.

“Terkait dengan reshuffle, kami hanya bisa mengatakan bahwa presidenlah yang mengetahui. Termasuk juga mengevaluasi Kabinet Indonesia Maju,” kata Fadjroel Rachman di Istana Kepresidenan, Jumat (22/10/2021).

Baca Juga: Risma Kembali Marah-marah, Pengamat Politik: Jokowi Sebaiknya Evaluasi dan Reshuffle Menteri Risma

Fajdroel menyatakan, hanya Presiden sendiri yang akan menyampaikan persoalan reshuffle kabinet.

"Sebab itu hak prerogatif beliau. Apakah reshuffle atau tidak itu juga benar-benar di tangan presiden," ungkapnya. 

Sebelumnya Direktur Eksekutif Para Syndicate Ari Nurcahyo menilai efektifitas kinerja Kabinet Indonesia Maju berisiko turun di sisa tiga tahun Pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Risiko turunnya kinerja ini berkaitan dengan suhu politik jelang Pemilu 2024.

"Kinerja Kabinet Indonesia Maju tentu akan menurun karena persoalan loyalitas menteri dan fokus kerja," kata Ari Nurcahyo, dalam diskusi publik daring bertajuk 'Setelah 2 Tahun Jokowi-Ma’ruf: Pandemi, Legasi, dan Tahun Politik' yang disiarkan secara langsung di kanal YouTube PARA Syndicate, Jumat (22/10/2021).

Baca Juga: Posisi Erick Thohir Sebagai Menteri BUMN Diganti Sharon Florencia, Lho Ada Reshuffle?



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x