Kompas TV internasional kompas dunia

Wah Amerika Serikat Juga Luncurkan Uji Coba Rudal Hipersonik

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 02:15 WIB
wah-amerika-serikat-juga-luncurkan-uji-coba-rudal-hipersonik
Sebuah roket hipersonik meluncur dari Wallop, Amerika Serikat dalam rangka uji coba peluncuran oleh Angkatan Laut Amerika Serikat. (Sumber: Straits Times via AFP)

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Amerika Serikat dilaporkan berhasil menguji coba teknologi rudal hipersonik, sistem senjata baru yang sudah dikerahkan oleh China dan Rusia.

Uji coba itu dilakukan hari Rabu di fasilitas NASA di Wallops, Virginia, yang digambarkan sebagai langkah penting dalam pengembangan rudal hipersonik yang dirancang Angkatan Laut.

"Uji ini menampilkan teknologi hipersonik canggih, berupa kemampuan dan sistem prototipenya dalam lingkungan operasi yang sebenarnya," kata Angkatan Laut AS dalam sebuah pernyataannya, Kamis (21/10/2021) seperti dilansir Straits Times, Jumat (22/10/2021).

Rudal hipersonik seperti rudal balistik tradisional, namun mampu terbang lebih dari lima kali kecepatan suara, atau Mach 5.

Tetapi rudal hipersonik lebih mampu bermanuver dibanding rudal balistik dan dapat meluncur pada lintasan rendah di atmosfer, membuat mereka lebih sulit untuk diadang.

Duta Besar Robert Wood, perwakilan tetap AS untuk Konferensi Perlucutan Senjata, menyatakan keprihatinan awal pekan ini menyusul laporan bahwa China melakukan uji coba rudal hipersonik dengan kapasitas nuklir pada bulan Agustus.

Menurut Financial Times, China meluncurkan rudal hipersonik yang meluncur mengitari planet sebelum mendarat, namun tidak tepat menghantam targetnya.

"Kami sangat prihatin dengan apa yang telah dilakukan China di front hipersonik," kata Wood, yang minggu depan mengundurkan diri dari jabatannya di Jenewa setelah tujuh tahun.

China bersikeras uji itu adalah uji rutin untuk pesawat ruang angkasa dan bukanlah rudal.

Baca Juga: Rusia Kembali Uji Coba Peluru Kendali Hipersonik dari Kapal Selam, Diklaim Tidak Bisa Dicegat Apapun

Peluru kendali Rusia, RS-28 Sarmat, memiliki kecepatan hipersonik yang mampu menembus semua sistem pertahanan udara negara manapun di dunia, termasuk Amerika Serikat. Kecepatannya 15.388 mil per jam (Sumber: Missile Under)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Straits Times



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:50
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19