Kompas TV nasional agama

Ridwan Kamil Yakin Santri Kuat Lawan Ideologi yang Ancam Pancasila

Kompas.tv - 22 Oktober 2021, 17:26 WIB
ridwan-kamil-yakin-santri-kuat-lawan-ideologi-yang-ancam-pancasila
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Lapangan Gasibu, Bandung, Jawa Barat (Sumber: tangkapan layar liputan tim KompasTV Bandung)
Penulis : Yuilyana

BANDUNG, KOMPAS,TV – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memimpin lansung peringatan Hari Santri Nasional di lapangan Gasibu, Kota Bandung.

Ridwan Kamil berharap agar santri mampu berjihad melawan ideologi yang mengancam ideologi pancasila.

“Santri siaga jiwa raga, di era dulu lawan penjajahan di era sekarng santri kuat lawan ideologi yang lawan Pancasila. Barang siapa ada ideologi lewat medsos, pergaulannya, diskusi, bisiskan yang mengancam pancasila, mengancam NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, santri harus terdepan meluruskan,”ucap Ridwan Kamil dalam wawancaranya, Jumat (22/10/2021).

Baca Juga: Presiden Jokowi Dorong Para Santri Jadi Pemain Utama Dalam Ekonomi Syariah

Tidak hanya itu Ridwan Kamil juga sampaikan Santri juga patut menjadi teladan dalam melaksanakan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19.

Menurut Ridwan Kamil peringatan Hari Santri setiap 22 Oktober sangat penting agar bisa terus membawa semangat hubul waton minal iman.

Lebih lanjut RK mencontohkan, dari Tanah Jabar pun banyak kyai dan santri yang berkorban nyawa membela kemerdekaan Indonesia, termasuk keluarganya.

"Uwa saya syahid. Sampai hari ini belum ditemukan jasadnya dalam perang melawan Belanda di Ujungberung," ujar Kang Emil.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x