Kompas TV regional berita daerah

BTS Telkomsel Maluku Alami Gangguan, Kegiatan Belajar secara Online Terganggu

Kompas.tv - 22 Oktober 2021, 17:00 WIB
bts-telkomsel-maluku-alami-gangguan-kegiatan-belajar-secara-online-terganggu
Pemasangan BTS di daerah 3T dilakukan Telkomsel. (Sumber: Kompas.TV/Ant)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

AMBON, KOMPAS.TV Tower Base Transceiver Station (BTS) di Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah mengalami gangguan yang menyebabkan jaringan internet di seluruh wilayah tersebut tidak stabil sejak dua hari lalu.

Sebagai satu-satunya layanan telepon selular yang berfungsi di Kecamatan Leihitu, gangguan jaringan internet Telkomsel mengakibatkan beberapa aktivitas warga di sana ikut terganggu. Salah satunya ialah kegiatan belajar mengajar dan perkuliahan secara daring.

Adapun, Spv Network Telkomsel Ambon Purwadi membenarkan, memang ada laporan adanya gangguan di salah satu BTS kami di Kecamatan Leihitu, sehingga jaringan internet tidak stabil.

“Tim kami sementara mengecek kerusakannya seperti apa," katanya di Ambon, Jumat (22/10/2021), seperti dikutip dari ANtara.  

Laporan gangguan jaringan internet Telkomsel terjadi sejak 20 Oktober 2021. Gangguan itu menyebabkan akses internet yang hanya mampu menangkap sinyal 2G atau Enhanced Data rates for GSM Evolution (EDGE).

Kendati jaringan internet sudah bisa kembali fourth-generation technology (4G) tapi masih belum stabil seperti biasanya.

Baca Juga: Ribuan Menara Jaringan 4G Telkomsel akan Masuk ke Pelosok Indonesia

Lebih lanjut, Purwadi menjelaskan, gangguan jaringan internet disebabkan oleh salah satu alat di BTS Telkomsel ada yang rusak. Alat tersebut merupakan penghubung antara jaringan telepon selular dengan jaringan internet dan sayangnya tidak tersedia di Ambon sehingga harus menunggu dikirim dari Makassar.

Seorang mahasiswi Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Fadila Ngera yang menjalani proses perkuliahan daring dari rumahnya di Desa Kaitetu, Kecamatan Leihitu, mengaku cukup terganggu karena jaringan internet tidak cukup kuat untuk mengakses aplikasi zoom sejak dua hari terakhir.

Ia berharap jaringan internet Telkomsel bisa segera membaik, sehingga proses perkuliahan yang harus dilakukan dari rumah karena pandemi Covid-19 bisa kembali berjalan lancar.

"Jaringannya sudah ada logo 4G tapi masih belum kuat, tidak bisa dipakai untuk membuka zoom. Kemarin malah lebih parah lagi, sinyal internet hilang sama sekali dan hanya logo ada E," kata Fadila.

Baca Juga: Telkomsel Gelar Akses Jaringan 5G Pertama di Papua

 



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x