Kompas TV religi beranda islami

Hari Santri 2021: Ini 5 Akun Instagram Santri yang Kreatif dan Menggemaskan, Layak Disimak

Kompas.tv - 22 Oktober 2021, 16:44 WIB
hari-santri-2021-ini-5-akun-instagram-santri-yang-kreatif-dan-menggemaskan-layak-disimak
Tangkapan layar akun instagram ala santri, salah satu akun yang layak disimak di Hari Santri 2021 ini karena lucu dan menggemaskan. Akun ini menceritakan kehidupan santri. (Sumber: Alasantri)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Di Hari Santri yang jatuh pada 22 Oktober 2021, ada baiknya sejenak kita menyimak akun-akun santri yang kreatif, lucu dan menggemaskan ini. Mereka adalah kumpulan akun yang terbiasa membuat konten terkait dengan kehidupan pesantren, lengkap dengan pelbagai kelucuan dan inspirasi kehidupan ala pondok.

Nah, adanya akun-akun ini seolah menepis anggapan bahwa santri itu culun dan ketinggalan zaman di era media sosial. Faktanya, para santri ini ternyata juga kreatif di dunia digital, piawai membuat konten, komik, meme bahkan video tentang betapa menyenangkannya hidup sebagai santri maupun santriwati.

Akun-akun ini aktif di platform Instagram dan mendapatkan banyak sekali pengikut alias follower, hingga mencapai ratusan ribu jumlahnya. Bahkan dalam beberapa kesempatan, mereka juga saling berkolaborasi membuat kampanye digital bersama tentang toleransi dan indahnya Islam dalam hidup di NKRI. Mereka juga tergabung dalam komunitas santri digital bernama Arus Informasi Santri (AIS) Nusantara.

Berikut 5 Akun Instagram nan Lucu dan Menggemaskan, Layak Disimak 

1. @alasantri

Akun ini disukai banyak santri karena kerap menjadi wadah kreasi santri tentang dunai pesantren. Akun ini memiliki tagline 'Update segala hal tentang santri' dan difollow oleh 655 ribu orang.  

Satu hal yang menarik, akun ini dikelola dengan sangat jenaka dan berisi segala hal tentang kehidupan santri dan pesantren dengan menarik. Mereka bahkan memproduksi komik ala santri yang terbit berkala dan mendapatkan banyak atensi di dunia digital.

2. @pesantrenstory

Seperti namanya, akun @pesantrenstory memiliki tagline berupa 'setiap sudut pesantren selalu punya cerita'. Akun ini juga sudah menerbitkan konten sebanyak lebih dari 8 ribu dan difollow 259 ribu orang.

Yang unik, akun ini selalu memberikan kisah dari sudut-sudut pesantren yang mungkin tidak diketahui banyak orang. Seperti soal sistem sorogan, sistem mengaji di pesantren satu persatu menghadap kiai secara langsung untuk menghapal atau membaca kitab, maupun tradisi ro’an, bebersih pesantren dan semacamnya.

3. @santriputrihits

Akun ini didirikan oleh seorang santriwati bernama Anifa Hambali dan beberapa temannya sesama santriwati. Seperti namanya, akun ini kerap membagikan pelbagai hal unik tentang kehidupan pesantren dengan sudut pandang cewek, santriwati. Tidak percaya? Simak saja gambar di bawah ini:

Salah satu konten lucu di akun santriputri hits, tentang ilmu sharaf (Gramatikal arab) dan dikatikan i love you (Sumber: santriputrihits)

Saat ini akun @santriputrihits sudah menerbitkan konten santri sebanyak 3.320 post dengan follower 94,1 ribu dan terus bertambah. 

4. @santrikeren

Santrikeren mempunya tagline: 'berkarya, berbagi, berdakwah'. Ia pun bahkan membuat kampanye di bionya berupa ajakan bagi para santri untuk peduli Covid-19, yakni 'stay santri, stay awesome'.

Santri keren didirikan seorang santri bernama Ajie Pratama bersama teman-temannya dan saat ini sudah menerbitkan 2.456 konten tentang kehidupan para santri. Santrikeren juga sudah difollow sebanyak 124 ribu orang.

Selain kerap bercanda atau mengunggah hal unik, akun ini pula kerap mengajak untuk berbagi, sesuai dengan tagline akunnya. Simak saja tangkapan layar salah satu kontennya yang cukup membuat kita termenung berpikir.

Salahs satu konten dari santri keren soal kebaikan (Sumber: santri keren)

5. @cahpondok

Akun @cahpondok didirikan oleh seorang santri bernama Ulin atau biasa disapa Masqulin. Tagline di bionya cukup menggelitik, ditulis dalam bahasa Jawa, yakni Mondok Sampek Rabi, Ngaji Sampek Mati, yang artinya: mengaji di pondok sampai mendapatkan jodoh, terus mengaji sampai ajal menjemput.

Akun @cahpondok sudah menerbitkan konten lebih dari 3 ribu konten dan difollow 173 ribu santri. Salah satu hal unik dari akun ini selain soal kejenakaan adalah, sering mengutip kitab dan dibuat meme dengan desain yang menarik.

Itulah beberapa akun santri lucu dan menggemaskan yang aktif di Instagram. Mereka adalah para santri dan santriwati yang kreatif dan aktif di digital, serta mampu membuang stigma bahwa santri itu culun dan gagap digital. 

Selain akun-akun ini, masih banyak akun lagi yang lucu dan kreatif seperti akun @galerisantri @aisnusantara @fiqihnikah dan lain-lain. Silakan berselancar di dunia maya, dan Anda akan menemukan banyak fakta lucu dan menggemaskan terkait kreativitas para santri.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x