Kompas TV nasional agama

Sandiaga Uno Bagikan Tips Ampuh Jadi Pengusaha Sukses untuk Santri, Apa Saja?

Kompas.tv - 22 Oktober 2021, 15:43 WIB
sandiaga-uno-bagikan-tips-ampuh-jadi-pengusaha-sukses-untuk-santri-apa-saja
Sandiaga Uno juga merayakan Hari Santri 2021 dengan membagikan tips jadi pengusaha kepada para santri (Sumber: Dok. Kemenparekraf)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno turut merayakan peringatan Hari Santri Nasional yang jatuh pada hari ini, Jumat 22 Oktober 2021.

Sandiaga di saat yang sama juga meluncurkan program Santri DigitalPreneur dan membagikan tips bagi santri agar menjadi pengusaha.  

Program Santri DigitalPreneur ini, menurut Sandiaga, dibuat agar para santri dan alumni Pesantren yang jumlahnya banyak dan tersebar di seantero negeri turut serta membangun kemajuan ekonomi umat.

“Insyallah di Hari Santri Nasional ini, melalui program Santri Digitalpreneur, para santri dan alumni-alumninya yang tersebar di seluruh pelosok tanah air akan banyak menciptakan lapangan kerja, serta berkontribusi terhadap kemajuan ekonomi umat,” papar Sandiaga di akun twitternya @sandiuono pada Jumat (22/1) sebagaimana dilihat KOMPAS TV.

Dalam cuitan itu, sandiaga pun membagikan sebuah video interaksi dirinya dengan para santri dan membincang tentang cita-cita, serta bisnis. Video itu berjudul 'kunci sukses santri jadi pengusaha'. 

“Bagaimana langkah agar jadi pengusaha sukses?” Tanya seorang santri di video itu.

Mantan Wakil Gubernur DKI itu pun menjawab pertanyaan santri itu. Menurutnya, menjadi pengusaha itu dibutuhkan kecerdasan.

“Tapi juga bukan sekadar kecerdasan. Tapi juga akhlakul karimah. Jadi kecerdasan dan akhlak itu merupakan yang terpenting. Yang kedua kegigihan dan keuletan. Tidak ada pengusha yang sukses, termasuk di masa Rasulullah yang tidak pernah gagal,” tandasnya.

Sandiaga pun membagkan tips jadi pengusaha, katanya, orang yang sukses harus siap gagal. Orang sukses bagi Sandiaga adalah orang yang kalau gagal 10 kali maka ia akan bangkit lagi, lebih banyak lagi 11 kali. 

Baca Juga: Sandiaga Dorong Wisata Edukasi Kebencanaan di Aceh Besar

Lalu, Sandiaga juga membagikan tiga hal krusial bagi pengusaha yang sukses. Tiga hal ini menurut Sandiaga adalah ciri orang-orang sukses.

“Pertama adalah kecerdasan, kedua kegigihan dan keuletan, ketiga kejujuran. Kalau diperas jadi 1 saja, untuk jadi pengusaha sukses yaitu kejujuran,” tutupnya.

Baca Juga: Hari Santri Nasional, Menag Sebut Pesantren Dapat Kado Indah dari Jokowi tentang Dana Abadi

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x