Kompas TV regional agama

Mengenal Darul Arqam, Diyakini Pesantren Pertama dalam Sejarah Islam

Jumat, 22 Oktober 2021 | 13:30 WIB
mengenal-darul-arqam-diyakini-pesantren-pertama-dalam-sejarah-islam
Ilustrasi Mekkah. Dulu di sinilah  terdapat Darul Arqam, pesantren pertama dalam sejarah Islam, mumpung Hari Santri 2021 yuk baca (Sumber: AFP/ Bandar Al-Dandani)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bagaimana sejarah pesantren pertama dalam sejarah peradaban Islam? Kita bisa menarik sejarahnya lebih jauh, sejak masa pertama Islam muncul yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW.

Nabi Muhammad ketika kali pertama menyebarkan Islam secara rahasia (sirr) dengan metode tatap muka, mulut ke mulut dan hanya sebagian saja yang tahu.  Hal ini beliau lakukan selama tiga tahun awal perjuangannya di Mekkah usai mendapatkan wahyu dari Jibril.

Nah dari situ, para sahabat berkumpul dengan sembunyi-sembunyi untuk belajar Islam langsung dari Nabi Muhammad dari rumah ke rumah. Salah satu rumah yang dipakai adalah rumah sahabat Arqam bin Abu Sofyan. Darul Arqam diambil dari nama Arqam. 

Dari rumah Arqam ini para sahabat belajar Islam langsung dari Nabi Muhammad. Ketika mendapatkan wahyu, langsung beliau  sampaikan kepada para sahabat Nabi.

Baca Juga: Hari Santri 2021: Inilah Pesantren Tertua di Indonesia, Umurnya Lebih dari 500 Tahun

Dari yang awalnya 10 orang Assabiqunal Awwalun (Orang yang pertama masuk Islam) yang terdiri dari Abu Bakar Ash-Shiddiq, Umar bin Khaththab, Ustman bin Affan, Ali bin Abi Thalib Thalhah bin ‘Ubaidillah, Az-Zubair bin Al-Awwam, Abudurrahman bin Auf, Abu ‘Ubaidah bin Al-Jarrah, Sa’ad bin Abi Waqqash, Said bin Zaid.

Dalam buku Muhammad karya Martin Lings diceritakan, dari tempat itu berkembang akhirnya menjadi banyak orang lagi yang masuk Islam. Sejarah mencatat, dakwah Nabi akhirnya tersebar ke seluruh penjuru dunia dan sampai sekrang menjadi salah satu agama yang banyak dipeluk di dunia.

Terkait apakah Darul Arqam apakah pesantren pertama dalam sejarah Islam, paling tidak ada dua pendapat.

Hal ini terkait dengan penamaan nama Pesantren yang dianggap khas Indonesia, sedangkan Darul Arqam tentu saja berada dalam rentang waktu yang cukup jauh.

“Menurut pendapat pertama ada dua versi, yang berpendapat bahwa pondok pesantren berawal sejak zaman Nabi masih hidup. Dalam awal-awal dakwahnya, Nabi melakukan dengan sembunyi-sembunyi dengan peserta sekelompok orang, dilakukan di rumah-rumah, seperti yang tercatat di dalam sejarah, salah satunya adalah rumah Arqam bin Abu Arqam,” tulis Direktorat Pesantren Kementerian Agama tentang penjelasan sejarah Pesantren.

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:57
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19