Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

PLN Akuisisi PT Energy Management Indonesia untuk Dukung EBT dan Dekarbonisasi

Kompas.tv - 22 Oktober 2021, 13:14 WIB
pln-akuisisi-pt-energy-management-indonesia-untuk-dukung-ebt-dan-dekarbonisasi
Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini dalam konferensi pers peluncuran PT Energy Management Indonesia (EMI) sebagai perusahaan jasa energi, Jumat (22/10/2021). (Sumber: Kompas.TV/Ant)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – PT PLN (Persero) resmi mengakuisisi PT Energy Management Indonesia (EMI) menjadi anak usahanya sebagai perusahaan jasa energi. Ini bertujuan untuk mendukung pengembangan energi baru terbarukan dan dekarbonisasi.

"Kami menempatkan target pengembangan EMI sebagai Energy Service Company nasional pilihan konsumen se-Asia Tenggara," kata Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini dalam konferensi pers, Jumat (22/10/2021).

Dengan bergabungnya EMI sebagai anak perusahaan PLN, Zulkifli berharap bahwa akan tercapai empat sasaran utama yaitu, energi EMI dengan PLN, peningkatan kapasitas dan kapabilitas, ekspansi bisnis konservasi ke pasar eksternal, dan penciptaan nilai keseluruhan ekosistem energi nasional.

EMI akan bertugas dalam menyusun kebijakan dan master plan, menyusun solusi engineering untuk konservasi, mengembangkan energi baru terbarukan skala kecil, dan perencanaan serta implementasi solusi terkini infrastruktur bisnis dan ritel yang ramah lingkungan.

PLN memproyeksikan EMI akan memperoleh pendapatan sebesar Rp8 triliun pada 2025 atau secara akumulatif sevesar Rp13 triliun dengan keberhasilan transformasi sebagai perusahaan jasa energi terkemuka di Indonesia.

Baca Juga: Buruan Klaim, Hari Listrik Nasional PLN Beri Promo Tambah Daya Cuma Rp 202.100

Adapun, integrasi ini telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 65 Tahun 2021 tentang Penambahan Penyertaan Modal Negara ke dalam Modal Saham Perseroan PLN.

Pada 9 September 2021, Kementerian Hukum dan HAM telah menerbitkan keputusan terkait perubahan anggaran dasar EMI, sehingga secara legal menjadi anak perusahaan PLN.

Zulkifli mengatakan, akan mendukung inisiatif dekarbonisasi menuju ekonomi hijau di Indonesia sekaligus merealisasikan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) yang telah ditetapkan pemerintah. PLN memiliki target dekarbonisasi sebesar 117 juta ton karbon dioksida sampai tahun 2025.

Perseroan berkomitmen untuk mencapai target tersebut melalui pembangunan pembangkit energi baru terbarukan sebesar 5 GW pada 2024, peningkatan co-firing biomassa pada PLTU dengan target 1,8 GW tahun 2025, dan penggantian pembangkit diesel dengan energi terbarukan sebesar 0,6 GW.

Dalam pelaksanaan dekarbonisasi tersebut, EMI akan turut dan berkontribusi sebesar 3,29 juta ton karbon dioksida. Selain itu, EMI akan berperan dalam dekarbonisasi 4,19 juta ton karbon dioksida di luar PLN.

"Kami sampaikan permohonan dukungan dari seluruh stakeholder bagi EMI untuk mempercepat program dekarbonisasi nasional menuju ekonomi hijau Indonesia," ucap Zulkifli.

Baca Juga: Sejumlah Negara Krisis Energi, Apakah Tarif Listrik dalam Negeri Ikut Naik?

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.