Kompas TV nasional peristiwa

Sehari jadi Menteri, Afi Ahmad Ridlo Minta Tambah Jam Pelajaran Agama di Sekolah

Jumat, 22 Oktober 2021 | 10:29 WIB
sehari-jadi-menteri-afi-ahmad-ridlo-minta-tambah-jam-pelajaran-agama-di-sekolah
Seorang santri asal Pondok Pesantren Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo Afi Ahmad Ridlo pemenang Sayembara Sehari Menjadi Menteri saat memimpin Rapat Pimpinan Kemenag di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Kamis (21/10/2021). (Sumber: Kemenag.go.id)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seorang santri asal Pondok Pesantren Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo Afi Ahmad Ridlo menyampaikan gagasan terkait pendidikan agama di Indonesia saat didaulat menjadi Menteri Agama dan memimpin Rapat Pimpinan Kemenag di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Kamis (21/10/2021).

Dalam rapat yang dihadiri para pejabat Eselon I Kemenag, Afi menyampaikan pentingnya menambah jam mata pelajaran agama. Hal itu disampaikan siswa kelas 12 Madrasah Aliyah lantaran pelajaran agama hanya diberikan dua jam pelajaran saja dalam seminggu.

"Hal semacam ini kan semestinya menjadi perhatian kita bersama. Bisa melakukan perbaikan apabila pendidikan agama hanya diberikan dua jam dalam seminggu," kata Afi dalam Rapat Pimpinan Kemenag.

"Kita harus segera bergerak untuk melakukan perbaikan. Secara kuantitatif, kita perlu melakukan penambahan jam mata pelajaran agama di sekolah," ujarnya.

Lebih lanjut, siswa kelahiran Lumajang ini menjelaskan bahwa Indonesia sedang dihadapkan berbagai permasalahan lemahnya moralitas generasi muda. Terutama, kata Afi, fenomena kerusakan moral yang mana sorotan utama akan tertuju pada pendidikan agama.

Baca Juga: Sejarah Hari Santri 2021, dari Resolusi Jihad hingga Semangat Mempertahankan NKRI

Adapun selain mengusulkan untuk menambah jam pelajaran agama, Afi juga menyebut penting melakukan perbaikan secara kuantitatif. Artinya, perlu adanya perbaikan dari sisi kualitas para pendidik.

"Selain kuantitatif, kita juga perlu melakukan perbaikan dari sisi kualitatif," kata Afi.

Kualitas pendidik dinilai penting lantaran menurut Afi, dari guru-guru itulah kemudian terjadi transfer nilai bagi peserta didik.

"Pendidikan dari seluruh agama seharusnya bisa memberikan transfer of value bagi peserta didik. Artinya, yang bisa kita lakukan adalah pendekatan kualitatif," ucapnya.

Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Desy Afrianti

Sumber : Kompas TV/Kemenag



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:40
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19