Kompas TV nasional peristiwa

Sehari jadi Menteri, Afi Ahmad Ridlo Minta Tambah Jam Pelajaran Agama di Sekolah

Kompas.tv - 22 Oktober 2021, 10:29 WIB
sehari-jadi-menteri-afi-ahmad-ridlo-minta-tambah-jam-pelajaran-agama-di-sekolah
Seorang santri asal Pondok Pesantren Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo Afi Ahmad Ridlo pemenang Sayembara Sehari Menjadi Menteri saat memimpin Rapat Pimpinan Kemenag di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Kamis (21/10/2021). (Sumber: Kemenag.go.id)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seorang santri asal Pondok Pesantren Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo Afi Ahmad Ridlo menyampaikan gagasan terkait pendidikan agama di Indonesia saat didaulat menjadi Menteri Agama dan memimpin Rapat Pimpinan Kemenag di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Kamis (21/10/2021).

Dalam rapat yang dihadiri para pejabat Eselon I Kemenag, Afi menyampaikan pentingnya menambah jam mata pelajaran agama. Hal itu disampaikan siswa kelas 12 Madrasah Aliyah lantaran pelajaran agama hanya diberikan dua jam pelajaran saja dalam seminggu.

"Hal semacam ini kan semestinya menjadi perhatian kita bersama. Bisa melakukan perbaikan apabila pendidikan agama hanya diberikan dua jam dalam seminggu," kata Afi dalam Rapat Pimpinan Kemenag.

"Kita harus segera bergerak untuk melakukan perbaikan. Secara kuantitatif, kita perlu melakukan penambahan jam mata pelajaran agama di sekolah," ujarnya.

Lebih lanjut, siswa kelahiran Lumajang ini menjelaskan bahwa Indonesia sedang dihadapkan berbagai permasalahan lemahnya moralitas generasi muda. Terutama, kata Afi, fenomena kerusakan moral yang mana sorotan utama akan tertuju pada pendidikan agama.

Baca Juga: Sejarah Hari Santri 2021, dari Resolusi Jihad hingga Semangat Mempertahankan NKRI

Adapun selain mengusulkan untuk menambah jam pelajaran agama, Afi juga menyebut penting melakukan perbaikan secara kuantitatif. Artinya, perlu adanya perbaikan dari sisi kualitas para pendidik.

"Selain kuantitatif, kita juga perlu melakukan perbaikan dari sisi kualitatif," kata Afi.

Kualitas pendidik dinilai penting lantaran menurut Afi, dari guru-guru itulah kemudian terjadi transfer nilai bagi peserta didik.

"Pendidikan dari seluruh agama seharusnya bisa memberikan transfer of value bagi peserta didik. Artinya, yang bisa kita lakukan adalah pendekatan kualitatif," ucapnya.

Salah satu cara yang perlu dilakukan untuk menunjang peningkatan kualitas pendidik secara kualitatif, yaitu dengan memberikan pelatihan kepada guru-guru khususnya para pengajar pendidikan agama.

"Kita berikan pelatihan bagi guru-guru. Kita upgrade skillnya. Karena salah satu kunci perbaikan pendidikan adalah kualitas tenaga pengajar," ujarnya.

Afi Ahmad Ridlo merupakan pemenang Sayembara Sehari Menjadi Menteri yang diselenggarakan Kemenag dalam rangka Hari Santri 2021. Lomba tersebut diselenggarakan oleh Kemenag Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren.

Adapun syaratnya merupakan santri berusia 15 sampai 30 tahun dan membuat vlog atau video berdurasi 1-3 menit berisi alasan mengikuti program sehari menjadi Menteri Agama. Tak hanya berkesempatan menjadi Menteri Agama sehari, tetapi juga tiga peserta terbaik akan mendapatkan piagam penghargaan serta tabungan pendidikan.

Peserta terbaik 1 memperoleh piagam penghargaan dan tabungan pendidikan sebesar Rp 22.000.000, sedangkan peserta terbaik 2 dan 3 memperoleh piagam penghargaan dan tabungan pendidikan sebesar Rp. 5.000.000. Hadiah tersebut akan diserahkan pada pelaksanaan malam puncak peringatan Hari Santri 2021 yang jatuh pada hari ini, Jumat 22 Oktober 2021.

Baca Juga: 5 Link Twibbon Hari Santri Nasional 22 Oktober 2021, Cek di Sini



Sumber : Kompas TV/Kemenag

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.