Kompas TV regional berita daerah

Inovasi Pelaku UMKM Bertahan Ditengah Pandemi

Kompas.tv - 22 Oktober 2021, 08:25 WIB
Penulis : KompasTV Manado

MANADO, KOMPAS.TV- Bertahan di saat pandemi, Usaha Mikro Kecil Menengah harus melakukan banyak inovasi, agar produknya bisa diterima di tengah masyarakat. Salah satunya dengan inovasi bahan pangan lokasi dari pisang goroho. 

Pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini memang bisa memukul perekonomian warga. Sejumlah UMKM malah harus gulung tikar atau tutup usaha, akibat tidak mampu bertahan atas guncangan pandemi COVID-19.

Sejumlah inovasi dan kreatifitas sangat diperlukan agar produk yang ditawarkan bisa diterima di tengah masyarakat. Hal inilah yang dilakukan oleh UMKM Sangkakala di kota Tomohon yang mengolah bahan pangan lokal pisang goroho menjadi produk penganan khas Minahasa.

Inovasi bisa dilakukan mulai dari sisi rasa dan varian produk, hingga pada segi kemasan yang baik, agar bisa menarik perhatian para konsumen.

UMKM Sangkakala kini fokus membuat pisang goroho menjadi beberapa jenis produk, seperti keripik pisang goroho original dan keripik pisang goroho gula merah. Bahkan berkat keuletan sang pemilik, produk olahan pisang goroho sudah mendapatkan rekomendasi resmi untuk bisa di ekspor ke luar negeri.

Selain pisang goroho, UMKM Sangkakala juga memproduksi penganan lainnya seperti keripik ubi merah, abon cakalang serta abon ikan roa.

#kompastvmanado #umkm #kripikpisang

Edward Siwi Jimmy Dapar Kompas tv Manado

 

Saksikan Siaran Kompastv :                   

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.