Kompas TV nasional update corona

Vaksin Booster, Haruskah? Ini Alasan WHO

Kompas.tv - 21 Oktober 2021, 16:27 WIB
vaksin-booster-haruskah-ini-alasan-who
Ilustrasi vaksin Covid-19. (Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pertanyaan soal penting atau tidaknya vaksin penguat alias vaksin booster masih menimbulkan pro dan kontra.

Tapi bagaimana vaksin booster ini menurut organisasi kesehatan dunia WHO?

Dilansir dari covid19.go.id, Direktur Departemen Imunisasi, Vaksin dan Biologi WHO Dr. Katherine O'Brien menjawab soal perlunya mendapatkan dosis ketiga vaksin Covid-19.

Dalam sebuah makalah berjudul WHO’s Science in 5 on COVID-19: Booster shots yang tayang di kanal YouTube WHO, Kate menyebut tiga alasan mengapa seseorang mungkin ingin dan harus menerima dosis tambahan vaksin:

1. Jika tubuh tidak merespons

Jika tubuh tidak merespons dua suntikan vaksin sebelumnya, mungkin bisa dikatakan bahwa orang ini memiliki gangguan kekebalan. 

Dengan kondisi seperti itu, seseorang bisa saja menerima dosis ketiga, karena dosis pertama dan kedua tidak bekerja pada tubuh seperti yang terjadi pada kebanyakan orang normal dan sehat.

2. Waktu kekebalan

Jika seiring waktu kekebalan yang Anda terima dan capai sebagai hasil dari vaksinasi mulai berkurang, memburuk atau turun, sangat mungkin untuk diberikan vaksin ketiga.

Baca Juga: Pemerintah Indonesia Nego Tiadakan Vaksin Booster Bagi Jemaah Umroh

Namun faktanya, menurut Kate, bukti saat ini menunjukkan bahwa vaksin bertahan dengan sangat baik untuk melindungi Anda dari penyakit parah, rawat inap, atau bahkan kematian.

“Jadi kami tidak melihat bukti kuat yang mengarah pada kebutuhan untuk memberikan dosis ketiga untuk orang yang telah divaksinasi,” ungkap Kate.

3. Kinerja vaksin

Jika kinerja vaksin kurang atau tidak memadai terhadap beberapa varian yang dikhawatirkan yang muncul, pemberian vaksin dosis ketiga dimungkinkan. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.