Kompas TV nasional politik

Faktor Penting Relawan bagi Anies dan Ganjar untuk Maju di Pilpres 2024

Kamis, 21 Oktober 2021 | 16:47 WIB
faktor-penting-relawan-bagi-anies-dan-ganjar-untuk-maju-di-pilpres-2024
Kolase foto Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Gubernur DKI Jakarta Anoes Baswedan bakal dideklarasikan sebagai capres oleh kelompok bernama ANIS pada Rabu siang (20/10/2021). (Sumber: Tribun Timur)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kemunculan relawan yang mendukung figur untuk maju sebagai calon presiden dalam gelaran Pilpres 2024 bukan barang baru. Politik kerelawanan ini sudah dipakai sejak Pilkada 2012.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia (IPI) Burhanuddin Muhtadi menilai munculnya relawan untuk mendukung tokoh tertentu sangat wajar walaupun tahapan Pilpres pada 2024 belum dimulai.

Menurutnya relawan untuk mendukung tokoh tertentu ini memiliki arti yang luas. Pertama untuk memberikan sinyal kepada publik bahwa figur tersebut punya keinginan maju dalam hajatan politik besar, yakni Pemilu 2024.

Baca Juga: Bursa Capres 2024, Pengamat: Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo Memiliki Kekuatan Seimbang

Sehingga, sambung Muhtadi, sangat tidak logis jika figur yang didukung tidak mengetahui ada kelompok masyarakat yang mendukungnya sebagai calon presiden. Baik mengetahui secara langsung maupun tidak langsung. 

"Kalo tidak ada deklarasi, tentu publik menebak-nebak, mereka apakah si calon punya keinginan atau tidak untuk maju. Jadi deklarasi relawan ini sini soft launching dari deklarsi yang lebih besar yang diharapkan menjadi pemicu lahirnya relawan di tempat lain," ujar Muhtadi  dalam program Kompas TV "Sapa Indonesia Malam", KOMPAS TV, Rabu (20/10/2021).

Kedua, deklarasi relawan untuk mengetahui sejauh mana elektabilitas figur dalam merangkul calon pemilih sekaligus menjaga citra tidak haus akan kekuasaan.

Menurut Muhtadi tokoh Anies Baswedan maupun Ganjar sejauh ini belum menyatakan sikap akan maju sebagi capres.

Baca Juga: Pengamat Prediksi Peluang Anies Baswedan di Pilpres 2024 Gelap Gulita

Keduanya seolah jual mahal dengan tidak deklarasikan diri sendiri dan ingin menunjukkan bahwa relawan lah yang mendorong keduanya maju di Pilpres 2024.

Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:58
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19