Kompas TV internasional kompas dunia

Rusia Laporkan Varian Baru Corona yang Jauh Lebih Menular, Varian AY.4.2

Kompas.tv - 21 Oktober 2021, 16:00 WIB
rusia-laporkan-varian-baru-corona-yang-jauh-lebih-menular-varian-ay-4-2
Rusia melaporkan sejumlah penularan Covid-19 dengan varian virus corona baru yang diyakini lebih menular daripada varian Delta, demikan laporan kantor berita RIA, seperti dilansir Straits Times, Kamis (21/10/2021). (Sumber: Straits Times via AFP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

MOSKOW, KOMPAS.TV - Rusia melaporkan sejumlah penularan Covid-19 dengan varian virus corona baru yang diyakini lebih menular daripada varian Delta, demikan laporan kantor berita RIA, seperti dilansir Straits Times, Kamis (21/10/2021).

Laporan tersebut menyebutkan ada kemungkinan varian AY.4.2 akan menyebar luas, mengutip peneliti senior pengawas konsumen negara Kamil Khafizov.

Varian tersebut dapat menambah jumlah kasus baru Covid-19 bisa meningkat lebih jauh. Saat ini saja jumlah kasus baru harian Covid-19 sudah mencapai rekor tertinggi di Rusia.

Varian baru virus corona itu dikatakan pada akhirnya bisa menggantikan varian Delta meski prosesnya cenderung lambat, katanya.

Presiden Vladimir Putin minggu ini menyetujui usulan pemerintah untuk menutup tempat kerja selama satu minggu pada awal November.

Baca Juga: Kasus Pertama Covid-19 Varian Delta Plus Dilaporkan di Israel, Diderita Bocah 11 Tahun

Rusia melaporkan sejumlah penularan Covid-19 dengan varian virus corona baru yang diyakini lebih menular daripada varian Delta, demikan laporan kantor berita RIA, seperti dilansir Straits Times, Kamis (21/10/2021). (Sumber: AP Photo)

Keputusan itu diambil setelah kematian terkait virus corona di seluruh Rusia mencapai rekor harian 1.028 orang pada hari Rabu, (20/10/2021) dengan 34.073 infeksi baru tercatat selama 24 jam pada tanggal tersebut.

Badan Keamanan Kesehatan Inggris pekan lalu mengatakan, sub-varian yang dikenal sebagai Delta Plus, dicatat sebagai AY.4.2 di Inggris. 

Varian tersebut tumbuh dan menyumbang sekitar 6 persen dari semua urutan genetik virus corona yang dicatat di Inggris, namun belum diberi label sebagai "sedang diselidiki" atau "varian yang menjadi perhatian".



Sumber : Kompas TV/Straits Times/RIA

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.