Kompas TV nasional agama

Mengambil Filosofi Pohon Beringin, Berikut Masjid Ainul Hikmah di Kantor Partai Golkar

Kompas.tv - 21 Oktober 2021, 16:43 WIB
mengambil-filosofi-pohon-beringin-berikut-masjid-ainul-hikmah-di-kantor-partai-golkar
Penampakan Masjid Ainul Hikmah di lingkungan Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar, Jakarta, ketika masih dalam proses konstruksi. (Sumber: Dok. Her Pramtama)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Masjid Ainul Hikmah, menjadi fasilitas baru yang melengkapi lingkungan Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar di Jakarta.

Mengambil lokasi tepat di Jalan Anggrek Nely Murni, Slipi, Jakarta Barat, tempat ibadah tersebut telah diresmikan, Rabu (20/10/2021).

Masjid Ainul Hikmah itu didesain oleh arsitek Her Pramtama,

Terkait Masjid Ainul Hikmah, pria yang akrab disapa Temmy menjelaskan, filosofi dalam rancanganya berasal dari pohon beringin.

Baca Juga: Anies Sebut Revitalisasi Masjid Al Mansur Komitmen DKI Rawat Situs Sejarah Perjuangan Bangsa

"Gubahan bentuk massa bangunan berupa bentuk persegi menyiratkan bentuk pohon beringin yang padat dan solid," kata Temmy dikutip dari Kompas.com, Kamis (21/10/2021).

Selain itu, Temmy pun mengekspresikan karakteristik akar gantung pada pohon beringin lewat fasad atau muka bangunan yang berupa deretan pilar tinggi.

"Ada 44 pilar yang mengelilingi selubung masjid ini. Filosofinya diambil dari Asmaul Husna ke 44 yaitu Al Mujiib, artinya Yang Maha Mengabulkan," terang Temmy.

Dengan makna tersebut, Masjid Ainul Hikmah diharapkan dapat memberikan pesan bahwa untuk betapa pentingnya ridho Allah SWT dalam setiap perjuangan masnusia.

Baca Juga: Masjid Al Mansyur Tambora Mulai Direvitalisasi, Anies Baswedan: Ini Tempat Kebangkitan Umat

Adapun, bentuk pilar-pilar tersebut, yang membesar di bagian atas dan mengecil di bagian bawah, menjadi isyarat dari wujud pohon beringin yang tumbuh membesar dari bawah.

"(Bentuk pilar-pilar) ini memiliki makna agar jamaah yang beribadah di masjid ini untuk senantiasa selalu ingat asal usul manusia yang diciptakan dari tanah," ungkap alumnus Universitas Trisakti tersebut.

Lebih lanjut, bentuk lengkungan di antara setiap pilar juga mengambil citra dari pohon beringin yang memang jadi ide utama desain Masjid Ainul Hikmah.

Bentuk lengkungan tersebut menyiratkan karakter mengayomi dan meneduhkan yang juga dapat dirasakan ketika berada di bawah pohon beringin.

Baca Juga: Tuai Beragam Komentar, Sebenarnya Apa Fungsi Lampu Warna-warni di Ruang Utama Masjid Istiqlal?

Tak hanya dari luar, gubahan bentuk lengkung tersebut pun dapat dirasakan di sisi dalam masjid, yang mana jika ada cahaya Matahari yang masuk maka akan menciptakan suasana dramatis.

Ditambah lagi, warna krem yang mendominasi fasad masjid tersebut tak hanya tampak selaras dengan identitas Partai Golkar sendiri, namun juga memberi kesan ketenangan dan ketulusan.

Kemudian, untuk konsep spasialnya, Temmy menuturkan bahwa Masjid Ainul Hikmah terdiri atas lantai utama dan lantai mezanin.

Dengan sirkulasi pada ketiga sisi di lantai utamanya berupa selasar yang juga bisa dimanfaatkan untuk area penerimaan pengunjung.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.