Kompas TV internasional kompas dunia

Masuk ke Bisnis Media Sosial, Paypal Akan Akuisisi Pinterest Senilai Rp553 T

Kompas.tv - 21 Oktober 2021, 13:24 WIB
masuk-ke-bisnis-media-sosial-paypal-akan-akuisisi-pinterest-senilai-rp553-t
PayPal akan mengakuisisi Pinterest dengan nilai Rp553 T untuk terjun ke bisnis media sosial (21/10/2021). (Sumber: Business Insider)
Penulis : Dina Karina | Editor : Purwanto

NEW YORK, KOMPAS.TV- Perusahaan layanan jasa keuangan, PayPal, dikabarkan akan mengakuisisi Pinterest. Mengutip Bloomberg, Kamis (21/10/2021), akusisi itu dilakukan PayPal agar bisa masuk ke bisnis media sosial.

PayPal dikabarkan akan membeli Pinterest dengan harga 70 dollar AS per lembar saham. Total uang yang akan dirogoh PayPal adalah sebesar 39 miliar dollar AS atau setara dengan Rp553 triliun (asumsi kurs Rp 14.200).

Berita rencana akuisisi itu mendongkrak kinerja saham Pinterest sebesar 13 persen. Akibatnya, otoritas bursa di Wall Street harus menghentikan perdagangan saham Pinterest untuk sementara.

Di sisi lain, saham PayPal malah turun 3,5 persen. Padahal sejak pandemi, saham PayPal sudah naik 36 persen dalam 12 bulan terakhir. Pandemi yang membatasi kegiatan masyarakat, justru meningkatkan transaksi pembayaran digital yang menjadi bisnis utama PayPal.

Baca Juga: Elon Musk Diproyeksi Jadi Triliuner Pertama di Dunia Karena SpaceX

Sebelumnya, PayPal sudah mengakuisisi sejumlah perusahaan. Pada September 2021, PayPal membeli Paidy yang merupakan perusahaan layanan Jepang dengan tagline "buy now paylater" seharga 2,7 miliar dollar AS atau sekitar Rp38,1 triliun.

Kemudian ada akuisisi platform pembayaran online Venom dan perusahaan situs hadiah belanja, Honey. Sementara itu, dalam beberapa tahun terakhir Pinterest telah memperkenalkan lebih banyak fitur belanja.

Oleh karena itu, Pinterest menjalin kemitraan dengan Shopify. Sehingga memudahkan penjual menggunakan Pinterest untuk menjangkau calon pelanggan.

Sedangkan PayPal juga mengizinkan penggunanya memakai aset kripto untuk pembayaran. Pengguna juga dapat membeli sejumlah aset kripto seperti bitcoin, etherium dan litecoin dari PayPal.

 



Sumber :

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.