Kompas TV regional berita daerah

Keren, Sekolah Ini Pencetak Atlet Menembak

Kompas.tv - 21 Oktober 2021, 13:19 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SRAGEN, KOMPAS.TV - Sebuah sekolah di Kabupaten Sragen memiliki lapangan tembak sendiri. Keberadaan lapangan tembak ini dimaksudkan untuk mendukung sejumlah siswanya yang berhasil mengukir prestasi hingga tingkat provinsi. Bahkan untuk meningkatkan prestasi tersebut, pihak sekolah menggandeng Perbakin setempat.

SMA Negeri 3 Sragen ini bisa disebut sekolah gudangnya atlet olah raga menembak. Setidaknya ada empat siswa yang berhasil mengukir prestasi dibidang olahraga menembak ini dengan prestasi tingkat daerah hingga nasional.

Untuk meningkatkan kulitas dan capaian prestasi yang lebih gemilang, pihak SMA N 3 Sragen, menggandeng Perbakin Pengurus Kabupaten Sragen untuk melatih dan mendidik para siswa berprestasi tersebut.

Bahkan untuk mendukung prestasi mereka, pihak sekolah juga menyiapkan lapangan tembak yang tentunya tidak dimiliki oleh sekolahan lain. Ketersediaan lapangan tembak ini  memang dikhususkan untuk para atlet pelajar khusus untuk cabang olahraga tembak dan atlet panahan.

"Harapan kami, nanti kami menemukan anak-anak SMA N 3 Sragen yang berbakat betul di tembak. Akan kami kawal, dampingi dan kami fasilitasi. Harapannya, prestasinya tidak hanya level daerah tapi sampai nasional," kata Sukarno, Kepala SMA N 3 Sragen.

Salah satu atlet peraih medali emas pada Kejurnas menembak Jateng 2021, Caecillia Sekar Maharani, setiap hari ia berlatih dengan pendampingan Perbakin Pengcab Sragen. Selain latihan membidik, ia juga fokus melatih kuda-kuda kaki, lari dan fitnes, untuk memperkuat bagian kaki dan tangan.

"Kalo nembaknya seminggu tiga kali, makannya 4 sehat 5 sempurna," ujar Caecillia Sekar Maharani.

"Materi latihannya kalo mereka di rumah bidik kering, jadi bidik kering itu roh dari menembak. Di lapangan tembak seminggu outdoor tiga kali, indoor tiga kali itu mempraktikkan dia bidik kering di rumah, maksudnya visualisasi, timing, triggering itu mereka lakukan setiap hari. Kalo di lapangan dia praktek menembaknya," tutur Gunawan, Ketua Perbakin Pengda Sragen. 

Sejumlah capaian prestasi telah dibuktikan oleh siswa SMA Negeri 3 Sragen ini, diantaranya juara pertama dan ketiga kejuaraan menembak tingkat Jateng, juara ketiga kejuaraan menembak yang diadakan Kopassus 2021, kelas 10 meter Indoor Youth Women, serta juara kedua kejuaraan menembak di Semarang untuk kelas multirange.

#sragen #perbakin #olahragatembak



Sumber : Kompas TV Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x