Kompas TV regional budaya

Suasana Sepi di Perairan Kusamba Saat Nyepi Segara

Kompas.tv - 21 Oktober 2021, 12:52 WIB
Penulis : Akbar Prabowo

KLUNGKUNG, KOMPAS.TV - Hari ini semua aktivitas atau kegiatan, baik penyeberangan maupun kegiatan melaut bagi nelayan, dihentikan selama 24 jam di perairan Kusamba, Kabupaten Klungkung, Bali.

Penghentian kegiatan ini dalam rangka pelaksanaan tradisi Nyepi Segara, sebagai bentuk penghormatan kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa dalam manisfestasinya sebagai Dewa Baruna yang merupakan penguasa lautan.

Baca Juga: Ayam Geprek Sambel Matah Khas Bali

Sejak pagi petugas pecalang desa adat setempat berjaga di sepanjang garis pantai. Hal ini dilakukan untuk memastikan tak ada kegiatan penyeberangan orang maupun barang, termasuk tak ada kegiatan yang dilakukan oleh nelayan.

Selama 24 jam penuh sejak pukul 6 pagi hari ini sampai pukul 6 pagi esok hari, seluruh kegiatan di laut dihentikan. Tradisi ini dilaksanakan setiap tahun, sehari setelah pelaksanaan upacara purnama kelima yang berlangsung pada bulan Oktober.

Selain sebagai penghormatan, tradisi ini juga bertujuan untuk menetralisir alam dan juga sebagai wujud syukur masyarakat atas berkat yang diberikan, utamanya bagi nelayan yang setiap hari mencari rejeki di laut.

Video editor: Febi Ramdani



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.