Kompas TV regional berita daerah

Ayam Geprek Sambel Matah Khas Bali

Kompas.tv - 21 Oktober 2021, 12:19 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

BADUNG, KOMPAS TV - Bicara tentang Pulau Dewata memang tak ada habisnya. Tidak hanya objek wisata alam dan budayanya,  kuliner khas Bali juga tak kalah menggoda. Jika biasanya ayam geprek berpadu dengan pedasnya sambal merah, lain halnya dengan kuliner ayam geprek yang disajikan salah satu restoran dikawasan Kuta Badung ini.

Kali ini sambal yang dipadukan dengan ayam geprek adalah sambal matah khas Bali. Kuliner ayam geprek sambal matah ini diracik dengan resep nenek moyang Bali.  Adapun bahan yang digunakan adalah daging ayam, bawang merah, batang serai, cabai merah kecil, cabai merah besar, daun jeruk, terasi, jeruk lemo, minyak kelapa khas Bali atau disebut minyak tandusan dan garam.

Cara pembuatannya terbilang cukup mudah. Pertama daging ayam dibumbui dan dibakar sampai matang. Kemudian daging ayam digeprek lalu disuir - suir. Sementara itu semua bahan sambal diiris tipis kecuali terasi yang dibakar. Semua bahan sambal matah di campur dan diaduk hingga merata. Untuk lebih membuat sensasi rasa pedas, asam dan harum tambahkan perasan air lemo. Terakhir campur ayam suir-suir dengan sambal matah. Nah kuliner ayam geprek sambal matah siap dihidangkan.

Sementara itu penikmat kuliner ayam geprek sambal matah mengakui cita rasa sambal khas bali ini sangat menempel dilidah. Terlebih dipadukan dengan ayam bakar geprek. Yang jelas, kuliner ayam geprek sambel matah ini memang patut dicoba jika berkunjung ke Pulau Dewata, Bali.

Penasaran rasanya? anda dapat mencoba langsung dirumah. Atau jika anda tidak mau repot anda dapat langsung datang ke kawasan Legian, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Selamat mencoba.

 

 

#wisata #kuliner #sambelmatah

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.