Kompas TV regional berita daerah

Polda Jateng Tetapkan Kampung Kekebalan Komunal

Kompas.tv - 21 Oktober 2021, 10:44 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Polda Jateng menetapkan Kampung Polaman, Mijen, Kota Semarang, sebagai kampung kekebalan komunal. Selain karena kampung ini tidak ada warga yang terkonfirmasi Covid-19, jumlah warga yang sudah divaksin hampir mencapai 100 persen.

Ratusan warga Polaman, Kecamatan Mijen, Kota Semarang, Rabu (20/10/2021) siang, berbondong-bondong melakukan vaksinasi massal yang diadakan oleh jajaran gabungan TNI Polri. Pelaksaan vaksinasi yang dilakukan oleh TNI Polri tersebut, sebagai langkah untuk membentuk kampung kekebalan komunal, yang terbebas dari penyebaran virus Covid-19.

Salah satu warga yaitu Rofian, mengaku sebenarnya ia takut dengan jarum suntik, namun karena kegiatan dari TNI Polri yang membentuk kampung kekebalan komunal, ia pun akhirnya memberanikan diri untuk disuntik.

"Terus terang saya takut sama jarum, mungkin belum tau efeknya," kata Rofian.

Sementara itu, menurut Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Lutfi, program ini juga dimaksudkan untuk membantu pemerintah dalam percepatan vaksinasi. Dipilihnya Kampung Polaman sebagai kampung kekebalan komunal karena kampung ini tidak ada warga yang terkonfirmasi Covid-19. Serta jumlah warga yang sudah divaksin hampir mencapai 100 persen.

"Kita tetapkan sebagai kampung kekebalan kompak, sebuah trobosan kreatif yang sangat luar biasa. Tadi kami lakukan kroscek bahwa kampung ini tidak ada masyarakat yang terkonfirmasi covid, kampung ini sudah mendekati 100 persen terkait pelaksanaan vaksinasi. Ini berkat akselerasi pengembangan AKBRI 99 yang hari ini melakukan vaksinasi di kampung ini," tutur Irjen Pol Ahmad Lutfi.

Kapolda berharap setelah Polaman, akan muncul kampung-kampung kekebalan komunal lainnya. Sehingga Jawa Tengah bisa segera terbebas dari penyebaran Covid-19.

#kotasemarang #vaksinasi #poldajateng



Sumber : Kompas TV Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x