Kompas TV internasional kompas dunia

Pembunuhan atas Noor Mukadam di Pakistan Mulai Disidangkan dengan 12 Terdakwa

Rabu, 20 Oktober 2021 | 23:22 WIB
pembunuhan-atas-noor-mukadam-di-pakistan-mulai-disidangkan-dengan-12-terdakwa
Seorang pria Pakistan-Amerika yang dituduh memperkosa dan memenggal pacarnya, putri seorang mantan duta besar, mulai menjalani pengadilan pada hari Rabu (20/10/2021) di ibu kota Pakistan, Islamabad, seperti dilansir France24 (Sumber: France24 via AFP)

ISLAMABAD, KOMPAS.TV - Seorang pria Pakistan-Amerika yang dituduh memerkosa dan memenggal pacarnya, putri seorang mantan duta besar, mulai menjalani pengadilan pada hari Rabu (20/10/2021) di ibu kota Pakistan, Islamabad, seperti dilansir France24, Rabu, (20/10/2021).

Pembunuhan brutal Noor Mukadam, 27 tahun saat dibantai, memicu protes di seluruh negeri dan memantik desakan bagi reformasi undang-undang kekerasan gender di Pakistan.

Zahir Jaffer, 30 tahun, berasal dari keluarga industrialis kaya Pakistan dan membantah telah membunuh Mukadam.

"Persidangan secara resmi telah dimulai. Saksi pertama kami diperiksa hari ini dan kami akan menghadirkan lima saksi lagi pada sidang berikutnya," Shah Khawar, seorang pengacara penuntut, mengatakan kepada AFP di luar pengadilan di Islamabad seperti dilansir France24.

Laporan polisi menyebut, Noor Mukadam pada saat kejadian diserang setelah menolak lamaran pernikahan. Ia berusaha berulang kali untuk melarikan diri dari rumah besar keluarga Jaffer di lingkungan papan atas Islamabad, tetapi setiap kali dihalangi oleh stafnya.

Jaffer memerkosa dan menyiksanya dengan kain lap sebelum memenggal kepalanya dengan senjata tajam, imbuh laporan itu.

"Nyawanya bisa diselamatkan jika kaki tangan (Jaffer) bertindak sebaliknya," kata laporan penuntut, yang dipresentasikan ke pengadilan dalam sidang sebelumnya.

Sebelas orang lainnya juga mendapat dakwaan sehubungan dengan pembunuhan itu, termasuk beberapa staf rumah tangga Jaffer, orang tuanya, dan orang lain yang diduga diminta untuk menyembunyikan bukti.

Baca Juga: Ayah Tersangka Pembunuh Noor Mukadam Diduga Berupaya Manipulasi Pembunuhan sebagai Perampokan

Pembantaian Noor Mukadam memantik unjuk rasa besar di seluruh Pakistan menuntut keadilan dan reformasi undang-undang kekerasan terhadap perempuan (Sumber: Straits Times via AFP)

Pembunuhan Mukadam mendapat perhatian nasional karena berkembangnya gerakan hak-hak perempuan yang digerakkan oleh kaum muda di negara itu, di mana para korban kekerasan sering kali tidak berani berbicara dan disalahkan atas pelecehan.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

Sumber : France24/Straits Times



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:40
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19