Kompas TV tekno internet

Facebook Berencana Ganti Nama, Ada Apa?

Kompas.tv - 20 Oktober 2021, 22:01 WIB
facebook-berencana-ganti-nama-ada-apa
Facebook dikabarkan bakal ganti nama. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV – Facebook berencana untuk mengganti nama perusahaannya pekan depan dalam rangka mencerminkan fokusnya dalam membangun metaverse.

Melansir The Verge, Rabu (20/10/2021), CEO Facebook Mark Zuckerberg bakal membicarakan pergantian nama tersebut pada konferensi tahunan perusahaan, Connect, 28 Oktober 2021 mendatang.

Namun, pembicaraan soal pergantian nama Facebook ini mungkin bisa lebih cepat. Sebab, momen ini akan menandakan ambisi besar Facebook sebagai perusahaan yang lebih dari media sosial.

Baca Juga: Kembangkan Metaverse, Facebook akan Rekrut 10.000 Pekerja

Pergantian nama ini mungkin akan berbuntut pada aplikasi Facebook serta perusahaan anakannya, seperti Instagram, WhatsApp, Oculus, dan masih banyak lagi.

Namun, perubahan nama perusahaan ini disebutkan tidak akan mengubah nama aplikasi media sosialnya.

Sayangnya, juru bicara Facecook enggan berkomentar soal kabar pergantian nama ini.

“Tidak mengomentari rumor atau spekulasi,” kata juru bicara Facebook.

Nama perusahaan Facebook yang baru ini menjadi rahasia yang dijaga sangat ketat dalam dinding perusahaan.

The Verge melaporkan bahwa nama baru untuk perusahaan tersebut berkaitan dengan Horizon, sebuah kata yang digunakan dalam dua produk virtual reality VR Facebook-meets-Roblox yang belum dirilis dan masih dikembangkan.

Nama tersebut baru-baru ini diubah menjadi Horizon Worlds setelah Facebook mendemonstrasikan versi untuk kolaborasi tempat kerja, Horizon Workrooms.

Baca Juga: Mark Zuckerberg Kehilangan Rp85,6 T karena WhatsApp, Instagram, Facebook Down 6 Jam

Pada Juli lalu, Zuckerberg mengatakan bahwa perusahaannya akan memulai transisi dari perusahaan media sosial ke perusahaan metaverse. Metaverse sendiri adalah realitas digital alternatif dimana setiap pribadi dapat melakukan berbagai aktivitas sehari-hari seperti bekerja, bermain, hingga bersosialisasi. 

Facebook juga telah membentuk tim metaverse khusus, di mana Head of AR and VR Andrew Bosworth dipromosikan untuk menjadi Chief Technology Officer.

Selain itu, Facebook juga mengumumkan rencananya mempekerjakan 10.000 orang untuk membangun metaverse di Eropa.

“Metaverse akan menjadi fokus besar dan saya pikir bahwa ini hanya akan menjadi bagian besar dari bab berikutnya tentang cara evolusi internet setelah internet seluler,” kata Mark Zuckerberg.

 



Sumber : The Verge

BERITA LAINNYA



Close Ads x