Kompas TV entertainment selebriti

Profil Rainych, Penyanyi Cover Lagu Jepang asal Sumbar yang Bikin Kagum The Weeknd dan Doja Cat

Kompas.tv - 20 Oktober 2021, 21:50 WIB
profil-rainych-penyanyi-cover-lagu-jepang-asal-sumbar-yang-bikin-kagum-the-weeknd-dan-doja-cat
Rainych Ran, penyanyi cover lagu Jepang asal Sumatera Barat yang kemampuannya diakui Doja Cat dan The Weeknd. (Sumber: Youtube/Rainych Ran)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Vyara Lestari

SOLO, KOMPAS.TV - Rainych Ran adalah penyanyi asal Sumatera Barat yang gemar meng-cover lagu Jepang. Meski tak semua orang Indonesia mengenalnya, kemampuan menyanyi Rainych terus jadi perbincangan warganet dan artis-artis ternama internasional.

Tak cuma lagu Jepang, Rainych juga menyanyikan lagu-lagu pop barat yang telah diterjemahkan ke bahasa Jepang, seperti lagu “Say So” dari Doja Cat dan “Blinding Light” dari The Weeknd.

Berkat itu, ketenaran Rainych melejit dengan cepat dan sempat menjadi pembicaraan warganet internasional. 

Hingga saat ini, cover lagu “Say So” telah meraup hingga 24 juta penonton di YouTube. Sementara, cover lagu “Blinding Light” meraih 3,4 juta penonton.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Judul Anime Terbaik Tahun 2021 untuk Temani Akhir Pekan

Kepopuleran Rainych pun membuat Doja Cat dan The Weeknd melirik karya cover lagunya. Kedua artis papan atas itu pun mengakui kemampuan menyanyi Rainych.

“Ia punya suara yang benar-benar bagus dan mixing lagunya benar-benar indah. Wow!” puji Doja Cat saat mendengar langsung cover lagu “Say So” dari Rainych pada awal 2020 silam.

Rainych pun mendapat pujian serupa dari The Weeknd. The Weeknd juga sempat mempromosikan cover lagu dari Rainych di akun resmi YouTube miliknya.

Melansir japantimes.co.jp, kepopuleran Rainych pun mengundang minat label rekaman besar. Pada akhir 2020 lalu, Rainych pun meneken kontrak dengan Sony Music Japan.

Perjalanan Rainych sendiri bermula dengan ketertarikannya menyanyi sejak Sekolah Dasar. Ia mengaku selalu jadi langganan untuk menyanyikan lagu anak-anak dan lagu Melayu di depan kelasnya.

Ketika beranjak remaja, Rainych mulai berkenalan dengan dunia anime dan manga dari Jepang.

“Aku tinggal di kota kecil, tapi di sana ada satu rental tempat menyewa manga,” tutur Rainych, dikutip dari Japan Times.

Sejak saat itu, ia menggemari jejepangan atau segala hal terkait budaya populer Jepang. Kegemaran itu membuatnya berkenalan dengan utaite, komunitas menyanyi lagu Jepang.

Komunitas ini biasanya menyanyikan lagu secara anonim menggunakan software bernama Vocaloid. Setelah mempelajari software itu, ia membuat akun YouTube.

Baca Juga: Nyata! Asal Mula Attack on Titan Terinspirasi Hewan Ini

Di akun YouTube itu, ia mulai mengunggah berbagai cover lagu Jepang dan soundtrack anime. Rainych pun perlahan menarik banyak penggemar yang juga menggemari anime serta manga.



Sumber : Kompas TV/japantimes.co.jp/themagicrain.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x