Kompas TV olahraga kompas sport

Barcelona vs Dynamo Kyiv: saat Hattrick Pemuda Kyiv Bungkam Camp Nou

Kompas.tv - 20 Oktober 2021, 21:10 WIB
barcelona-vs-dynamo-kyiv-saat-hattrick-pemuda-kyiv-bungkam-camp-nou
Andriy Shevchenko saat bermain di laga Barcelona vs Dynamo Kyiv dalam Liga Champions UEFA 1997/98. (Sumber: Uefa.com)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

BARCELONA, KOMPAS.TV - Barcelona akan menghadapi Dynamo Kyiv dalam lanjutan Grup E Liga Champions UEFA 2021/22 di Camp Nou, Rabu (20/10/2021) pukul 23.45 WIB. 

Ini adalah partai ke-11 sepanjang sejarah antara Barcelona vs Dynamo Kyiv. Sepanjang rekor head-to-head mereka, Blaugrana lebih unggul dengan tujuh kemenangan berbanding tiga milik Dynamo.

Di Liga Champions musim lalu, Barcelona pun sempat meladeni Dynamo Kyiv. Sergio Busquets dan kawan-kawan melibas klub asal Ukraina itu di kandang lawan dengan skor 0-4.

Meskipun tercatat lebih dominan, salah satu partai Barcelona vs Dynamo Kyiv paling fenomenal berakhir untuk kemenangan raksasa Ukraina. Waktu itu, di Liga Champions 1997/98, Dynamo Kyiv membantai Blaugrana di Camp Nou dengan skor 0-4.

Baca Juga: Barcelona Pagari Pedri dengan Klausul Pelepasan Rp16,3 Triliun!

Seorang pemain muda Dynamo Kyiv menjadi bintang kemenangan dalam laga itu. Ia mencetak hat-trick saat laga baru berjalan 44 menit.

Setahun setelah melibas Barca, pemuda itu pindah ke AC Milan dan memenangi Ballon d’Or pada 2004. Namanya Andriy Shevchenko.

Andriy Shevchenko sudah berstatus sebagai bintang muda Dynamo Kyiv saat melawat ke Camp Nou pada 6 November 1997. Ia telah menjadi pemain reguler sejak tiga musim sebelumnya.

Di bawah asuhan pelatih legendaris Valeriy Lobanovskyi, Dynamo Kyiv berupaya lolos dari grup UCL yang berisi Barcelona, PSV Eindhoven, dan Newcastle United.

Klub berjuluk Putih-Biru itu pun dalam posisi menguntungkan jelang melawat ke Camp Nou pada 1997. Hingga partai ketiga fase grup, anak asuh Lobanovskyi meraih dua kemenangan dan sekali imbang.

Dua kemenangan didapat Shevchenko dan kawan-kawan atas PSV Eindhoven (1-3) dan Barcelona (3-0). Mereka ditahan imbang Newcastle yang saat itu dilatih Kenny Dalglish.

Baca Juga: AC Milan Incar The Next Shevchenko, Roman Yaremchuk



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.