Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Bisa Dicoba Malam Ini Minuman Herbal Perontok Asam Urat: Mudah Didapat di Rumah, Redakan Nyeri Sendi

Kompas.tv - Diperbarui 17 Juni 2022, 18:33 WIB
bisa-dicoba-malam-ini-minuman-herbal-perontok-asam-urat-mudah-didapat-di-rumah-redakan-nyeri-sendi
Jahe menjadi salah satu bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat herbal penurun kadar asam urat di tubuh. (Sumber: Shutterstock via Kompas.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Asam urat merupakan salah satu penyakit dengan gejala nyeri di bagian tubuh tertentu, misalnya pada jempol kaki.

Penyakit asam urat dapat menyerang pria maupun wanita, dan umumnya penyakit ini mulai menyerang ketika seseorang menginjak usia 30 tahun.

Mengutip laman resmi Kementerian Kesehatan, penyakit asam urat muncul akibat peningkatan asam urat di tubuh seseorang.

Tingginya kadar asam urat di dalam tubuh menyebabkan asam urat tersebut menumpuk dan mengendap di sendi-sendi.

Akibatnya, rasa nyeri muncul di bagian sendi yang terdapat banyak endapan asam urat, biasanya itu terjadi di jempol atau ibu jari kaki. Tak jarang disertai dengan pembengkakan.

Pemicu tingginya kadar asam urat di dalam tubuh ada beberapa masam, salah satunya adalah makanan dengan kandungan purin tinggi.

Dikutip dari Kompas.com, jeroan, otak sapi, kembang kol, dan hati sapi merupakan jenis makanan dengan kandungan purin yang tinggi.

Saat penyakit asam urat kambuh atau menyerang, meminum obat resep dokter bisa menjadi pilihan untuk menurunkan kadar asam urat.

Namun, sebagian orang lebih menyukai untuk mengonsumsi obat herbal untuk penyakitnya, karena mereka percaya bahwa obat herbal lebih minim efek samping dan lebih aman dikonsumsi. 

Berikut sejumlah bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat herbal penurun kadar asam urat di tubuh, seperti dilansir Kontan.co.id:

1. Lemon dan kunyit 

Lemon dan kunyit merupakan bahan alami yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh, jika dikonsumsi sesuai dengan takaran.

Cara membuat ramuan penurun asam urat menggunakan lemon dan kunyit cukup mudah.

Baca Juga: 7 Cara Alami Turunkan Kadar Asam Urat Tanpa Obat, Perhatikan Hal Ini

Peras setengah buah lemon, kemudia campurkan air perasan ke dalam air hangat. Tambahkan dua sendok teh kunyit bubuk dan satu sendok teh cuka apel, lalu aduk.

Selanjutnya, minum ramuan tersebut dua hingga tiga kali sehari 

2. Jahe dan mentimun



Sumber : Kompas TV, Kompas.com, Kemenkes


BERITA LAINNYA



Close Ads x