Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Ingin Latihan Renang? Perhatikan Empat Tips Ini

Kompas.tv - 20 Oktober 2021, 16:13 WIB
ingin-latihan-renang-perhatikan-empat-tips-ini
Ilustrasi berenang. (Sumber: Brian Matangelo via Unsplash)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Berenang dapat menjadi aktivitas rekreasi yang menyehatkan. Berolahraga sambil bermain air dapat membantu melepas penat Anda.

Selain itu, aktivitas berenang juga menyimpan segudang manfaat. Berenang dapat meningkatkan massa otot, menjaga kesehatan jantung, hingga meringankan radang sendi.

Sebelum bisa berenang, seseorang tentu perlu berlatih untuk membina keterampilan berenang. 

Pertama-tama, saat mulai latihan berenang, Anda mesti melalui pengenalan air terlebih dahulu. Tujuannya agar tubuh terbiasa dengan situasi kolam renang.

Baca Juga: Buang Air Kecil di Dalam Kolam Renang, Amankah untuk Orang Lain?

Saat melalui tahap ini, sangat disarankan untuk membawa instruktur atau pengawas untuk mengawasi latihan Anda.

Pengenalan air juga bermanfaat untuk mengenalkan fondasi gerak renang seperti cara masuk ke air, gerakan tungkai, keseimbangan tubuh di air, gerak lengan, serta cara mengatur napas di dalam air.

Apabila Anda masih dalam tahap awal latihan, sangat disarankan untuk membawa orang lain yang ahli berenang untuk mengawasi Anda. Anda mestinya ditemani hingga bisa mengapung dan berenang sendiri.

Berikut empat tips latihan renang untuk pemula. Empat tips ini disarikan dari buku Belajar Berenang bagi Pemula (2018) karya Dr. Subagyo sebagaimana dikutip Kompas.com.

1. Latihan pernapasan di air

Teknik pernapasan sangat penting untuk memulai latihan renang. Hal ini adalah aspek fundamental supaya tubuh mampu berenang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.