Kompas TV regional berita daerah

Perjuangan Petugas Vaksinasi di Desa Terpencil

Kompas.tv - 20 Oktober 2021, 15:28 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KENDAL, KOMPAS.TV - Setelah melakukan perjalanan sekitar 30 menit dengan jarak sekitar 20 km, petugas gabungan dari puskesmas, kepolisian, TNI dan kecamatan, akhirnya tiba di pemukiman warga di Pesisir Pantai Utara Jawa, ujung barat Pemerintah Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Batang.

Merekapun langsung bergerak mendatangi rumah ke rumah untuk melakukan vaksin di perkampungan nelayan tawang Desa Gempolsewu.

Salah satu nelayan, Rohmadi, mengaku sangat  senang dan terbantu karena tempat mereka jauh dari akses untuk mendapatkan vaksinasi.

"Senang, kalau biasanya kan jauh, kalau disini lebih dekat. Vaksin pertama," kata Rohmadi.

Sementara itu, menurut Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat Rowosari II, Istiroh, kegiatan ini merupakan bakti sosial dan wujud pelayanan terhadap warga yang tinggal di daerah terpencil.

"Ini adalah mobile vaksin, dengan tujuan untuk mendekatkan pelayanan ke masyarakat. Jadi bagi masyarakat yang jangkauan ke pelayanan vaksi jauh, bisa dilayani di desanya, dekat rumahnya. Sehingga masyarakat yang terkendala transport untuk ke pelayanan vaksin bisa dilayani ditempat," ujar Istiroh.

Proses vaksinasi dengan cara dari rumah ke rumah tersebut selain menunjukan pelayanan prima terhadap warga masyarakat yang tinggal di daerah terpencil juga mengurangi aktifitas dan kerumunan yang biasa terjadi saat antream vaksinasi.

#kabupatenkendal #vaksinasi #kabupatenbatang



Sumber : Kompas TV Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.