Kompas TV internasional kompas dunia

Presiden Brasil Bolsonaro Diprotes Warga Soal Penanganan Covid-19, Lebih Dari 600 Ribu Meninggal

Kompas.tv - 20 Oktober 2021, 15:23 WIB
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPAS.TV - Aktivis dan anggota keluarga menggantung 600 tisu putih di depan Kongres Brasil.

Kegiatan itu melambangkan lebih dari 600.000 orang Brasil yang telah meninggal sejak pandemi melanda negara itu.

Anggota keluarga yang kehilangan orang yang dicintai karena COVID-19 bersaksi di depan Kongres Brasil pada hari Senin (18/10/2021).

"Dia dan pemerintahnya sejak awal menolak kekuatan mematikan virus. Mereka menentang kampanye vaksinasi massal. Presiden tidak menghormati undang-undang sanitasi apa pun, menentang penggunaan masker, menjaga jarak, dan yang terburuk, apakah dia kurang empati," kata Antonio Costa, pemimpin kelompok aktivis Rio de Paz (Perdamaian di Rio).

Baca Juga: Presiden Brasil Jair Bolsonaro Ramal Masa Depannya: jika Tak Dipenjara, Terbunuh atau Menang Pilpres

Dilansir dari APTN, demonstran ingin politisi meminta pertanggungjawaban pejabat pemerintah atas jumlah korban tewas, dengan mengatakan pemerintah Bolsonaro salah menangani wabah itu, menyebabkan ribuan kematian yang tidak perlu.

Jaringan tersebut akan diberikan kepada anggota Komisi Penyelidikan Parlemen Senat yang sedang menyelidiki tanggapan Bolsonaro terhadap pandemi COVID-19.

Sidang Senat akan menyelesaikan penyelidikannya minggu ini atas temuan mereka, dan mengeluarkan laporan akhir minggu depan.

Video Editor: Lisa



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.