Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Bakal Resmikan Jembatan Sei Alalak Besok, 510 Personel Polri Disiagakan

Kompas.tv - 20 Oktober 2021, 15:16 WIB
jokowi-bakal-resmikan-jembatan-sei-alalak-besok-510-personel-polri-disiagakan
Presiden Jokowi dijadwalkan akan meresmikan Jembatan Sei Alalak di Kalimantan Selatan, Kamis (21/10/2021). (Sumber: Antara)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan meresmikan Jembatan Sei Alalak di Kalimantan Selatan, Kamis (21/10/2021). 

Sehari jelang kedatangan Jokowi, sejumlah persiapan pengamanan pun dilakukan. Apel gelar pasukan pengamanan kunjungan kerja presiden juga telah dilaksanakan hari ini di Lapangan Kamboja Banjarmasin dipimpin Kepala Staf Korem 101/Antasari Kolonel Arh Heri Purwanto.

Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan menyebut sebanyak 510 personel Polri memberikan dukungan kelancaran penyelenggaraan pengamanan kunjungan Presiden besok. 

"Personel Polresta Banjarmasin 110 ditambah BKO Polda Kalsel dari Polres jajaran 400 personel jadi ada 510 personel mengamankan Banjarmasin saat kehadiran RI 1," kata Rachmat seperti yang dikutip dari ANTARA, Rabu (20/10/2021). 

Dia menambahkan pasukan cadangan juga telah disiapkan jika terjadi hal-hal tak diinginkan ataupun munculnya gangguan keamanan.

Adapun, kata Rachmat, salah satu di antaranya seperti penyampaian aspirasi dari kelompok masyarakat.

"Semua sudah kita antisipasi dan telah dikoordinasikan bersama TNI sebagai komando pengamanan RI 1," ujarnya. 

Baca Juga: Jokowi Targetkan Vaksinasi Covid-19 Capai 270 Juta Dosis Akhir Tahun

Rachmat juga menuturkan seluruh anggota Polri diminta tidak reaktif dan menyikapi aspirasi warga secara humanis.

Hal itu sesuai dengan instruksi Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo dalam surat telegram yang mengatur tentang pelaksanaan pengamanan saat ada kegiatan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo.

Dia juga telah meminta anggotanya di lapangan untuk dapat mempedomani hal tersebut agar kelancaran kunjungan presiden terjaga sekaligus tak ada gejolak tak perlu.

Pada kesempatan itu, Rachmat juga menyinggung soal adanya potensi peristiwa kebakaran rumah penduduk yang kerap terjadi di Kota Banjarmasin akhir-akhir ini.

Mengingat adanya kunjungan Presiden, maka hal tersebut patut diantisipasi terutama terkait mobilitas kendaraan barisan pemadam kebakaran (BPK)

"Jadi misalnya terjadi kebakaran maka hanya BPK setempat atau satu kelurahan yang boleh meluncur ke lokasi. Jangan sampai terjadi gangguan arus lalu lintas di rute yang dilalui presiden," ucapnya. 

Diketahui dalam kunjungan kerjanya di Kalimantan Selatan besok, selain meresmikan Jembatan Sei Alalak, Jokowi juga dijadwalkan untuk meresmikan pabrik Biodiesel milik Jhonlin Group di Kabupaten Tanah Bumbu serta meninjau vaksinasi massal di RSUD dr H Moch Ansari Saleh.

Baca Juga: Jokowi Beri 4 Pesan Penting Ini Kepada Seluruh Kepala Daerah di Indonesia



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x