Kompas TV regional berita daerah

Batik L'Prado, Hasil Karya Warga Binaan

Kompas.tv - 20 Oktober 2021, 11:35 WIB
Penulis : KompasTV Manado

TOMOHON, KOMPAS.TV- Lembaga Permasyarakatan Kelas II B Manado bersama warga binaan menggelar iven spektakuler dengan melaunching busana batik hasil buatanya sendiri. Kegiatan ini berlangsung di LPP Tomohon Senin Malam. Kreasi dibalik jeruji ini dilaunching oleh Sekretaris Direktorat Jendral Permasyarakatan Kemenkumham Heni Yuiwono.

Stigma negatif kerasnya kehidupan dibalik jeruji besi, seakan dilunturkan lewat hasil karya seni yang ditampilkan warga binaan permasyarakatan perempuan LPP Manado Kelas II B yang ada di Tomohon, melalui Launching L’Prado Batik Kawanua.

Dalam kegiatan ini para penghuni lapas perempuan tampil memamerkan karya batik buatan sendiri, tidak kalah dengan para model profesional yang berlenggok di atas panggung.

Hasil kreasi batik yang dibuat para penghuni lapas perempuan ini, adalah kerja sama pihak lapas dengan instruktur pembatik dan asesor yang ada di Semarang. Busana batik pun yang dibuat ini mempunyai berbagai motif yang mengangkat kearikfan lokal tanah Minahasa di Sulawesi Utara, seperti burung manguni, hewan tarsius, pohon kelapa dan motif lainnya. Hasil ini pun telah didaftarkan hak ciptanya.

Tidak hanya sebagai modeling, di pentas seni kali ini penghuni lapas tampil juga sebagai penyanyi, membaca puisi serta menari tarian adat Minahasa denganan menggunakan busana batik. Para penghuni lapas perempuan ini dilatih pembimbing selama 6 bulan dan terlihat sudah mahir, melatih ke penghuni lapas lainnya.

Batik ini diberikan nama yang menarik yakni  L’Prado dengan arti Lapas Perempuan Manado.

Sekretaris Direktorat Jendral Permasyarakatan Kemenkumham Heni Yuiwono mengapresiasi dan bangga atas kreasi batik ini, menurutnya ini sudah sesuai dengan fungsi utama dari lembaga permasyarakatan dengan membina para warga binaan seperti memberikan pelatihan dan ketrampilan kerja, agar di saat keluar dari lembaga nanti warga binaan bisa dapat melanjutkannya.

Diharapkan budaya membatik ini dapat terus berkisanambungan karena berdampak baik bagi warga binaan, serta hasil produk busana batik ini untuk segera di pasarkan dengan harga yang sangat terjangkau.

Aldy Pascoal Kompas tv Tomohon

Saksikan Siaran Kompastv :                   

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x