Kompas TV regional berita daerah

Momen Warga Binaan Lapas Banjarmasin Jalani Tiap Proses Manasik Haji

Kompas.tv - 20 Oktober 2021, 11:32 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Selayaknya melaksanakan ibadah haji sungguhan, sejumlah Warga Binaan Pemasyarakatan di Lapas Kelas IIA Banjarmasin mengenakan pakaian ihram, kain khusus yang digunakan umat muslim ketika melaksanakan ibadah haji atau umrah.

Para warga binaan pun tampak khusuk menjalani prosesi manasik haji yang memang dalam beberapa hari terakhir dijalani para warga binaan.

Tiap simulasi prosesi ibadah haji dijalani dengan sungguh-sungguh, mulai dari lempar jumrah, simulasi tawaf dengan mengelilingi replika Ka'bah, Sa'i hingga tahallul.

Baca Juga: Bermain Drone FPV, Tawarkan Sensasi Lebih Menantang

Sebagai rangkaian kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad di Lapas, manasik haji memang menjadi cara Lapas Banjarmasin untuk melatih sekaligus menggugah warga binaan untuk meningkatkan kualitas ibadah dan memperbaiki diri.

Sebab tak sedikit warga binaan mengaku sangat tergugah untuk dapat melakukan ibadah haji yang sesungguhnya.

Seperti diakui Hasanuddin, pria berusia lebih 60 tahun tersebut mengaku baru kali ini mendapatkan pelatihan manasik haji.

Matanya bahkan sempat berkaca-kaca kala Kompas.tv menanyakan keinginannya untuk berhaji.

"Semoga saya bisa ikut melaksanakan haji sungguhan, saya ingin di sisa hayat dapat melaksanakannya, tentu saya berniat memperbaiki akhlak sebagai modal utama selain kemampuan harta," ucapnya.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Parang Kayutangi dan Cerita di Baliknya, Koleksi Pusaka Berusia Lebih 200 Tahun

Program manasik haji memang telah lama diagendakan oleh Lapas Banjarmasin, Kalapas Banjarmasin, Porman Siregar pun berharap ini akan bermanfaat bagi pribadi warga binaan maupun orang lain.

"Kita harapkan mereka bisa melatihkan pengetahuan manasik haji mereka kepada orang lain nantinya, juga untuk memperbaiki diri sehingga dapat diterima kembali di masyarakat," ucap Porman Siregar.

Selain manasik haji, kegiatan pada Selasa pagi (19/10/2021) ini diisi dengan kegiatan maulid lainnya diantaranya tausiyah dan hadrah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x