Kompas TV nasional politik

PPP Sebut Penegakan Hukum 2 Tahun Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Masih Tebang Pilih

Rabu, 20 Oktober 2021 | 10:45 WIB
ppp-sebut-penegakan-hukum-2-tahun-pemerintahan-jokowi-ma-ruf-masih-tebang-pilih
Tangkapan Layar - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengenakan pakaian adat dari Suku Baduy di Sidang Tahunan MPR RI dan Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka peringatan HUT Ke-76 RI, serta Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI yang digelar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/8/2021). (Sumber: Yotube Sekertariat Presiden)

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani menilai penegakan hukum dan keadilan selama dua tahun pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin menjadi sektor yang harus segera diperbaiki dan menjadi perhatian khusus. 

Menurut dia, situasi penegakan hukum dan keadilan di Tanah Air kini masih tajam ke bawah dan tumpul ke atas. 

"Masih tingginya suara di ruang publik bahwa penegakan hukum kita masih tajam ke bawah, tumpul ke atas atau tajam ke kanan, tumpul ke kiri serta kesan kuat yang masih melekat soal tebang pilih dalam penegakan hukum menjadi sektor yang harus diperbaiki," kata Arsul kepada Kompas TV, Rabu (20/10/2021). 

Baca Juga: 2 Tahun Jokowi-Ma'ruf, PKS Sorot Utang Tersembunyi RI ke China hingga Penegakan Hukum Lemah

Wakil Ketua MPR itu mengimbau kepada aparat penegak hukum ke depannya agar lebih mengedepankan penyelesaian dengan restorative justice bila memang sebuah perkara bisa diselesaikan dengan pendekatan tersebut.

"Modal untuk itu sebenarnya sudah mulai kelihatan dengan berbagai peraturan di bawah level undang-undang di mana pendekatan-pendekatan dalam penegakan hukum seperti restorative justice itu mulai dikedepankan," ujarnya. 

Namun, dirinya mengapresiasi kinerja pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia. Sebab, jika dibandingkan dengan negara lain, dampak terhadap sektor ekonomi dan kesehatannya tak terlalu parah. 

"Misalnya disektor ekonomi, iya sempat ada penurunan pertumbuhan yang signifikan, tapi banyak negara lain yang "apple to apple" dengan Indonesia seperti Brasil, Rusia, India, Afrika Selatan, maka penurunan ekonomi mereka selama pandemi lebih parah," kata dia.

Baca Juga: 2 Tahun Pemerintahan Jokowi, Relawan: Menteri yang Fokus ke Pemilu 2024 Sebaiknya Mundur

Sementara itu, dari sisi sektor kesehatan, tata kelola penanganan pandemi ini juga baik di Indonesia, dengan jangkauan wilayah yang luas dan penduduk yang jauh lebih besar, tapi turunnya penyebaran Covid-19 lebih cepat. 

Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Harga Sembako di Majalengka Naik

Kamis, 2 Desember 2021 | 20:19 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
20:37
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19