Kompas TV regional berita daerah

Festival Kopi, Bangkitkan Bisnis Kopi Di Tengah Pandemi

Rabu, 20 Oktober 2021 | 10:39 WIB

KUDUS, KOMPAS.TV - Para pelaku usaha kopi Muria di Kudus, Jawa Tengah, menggelar kompetisi barista dalam festival kopi Muria di tengah pandemi dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Acara ini digelar untuk membangkitkan lagi geliat para pengusaha kopi, setelah hampir 2 tahun mereka tidak bisa mengembangkan usahanya akibat pandemi Covid-19.

Bertempat di obyek wisata Pijar Park, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, para pelaku usaha kopi Muria menggelar kompetisi barista dalam rangka festival kopi Muria yang diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Acara ini digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat. Untuk menghindari kerumunan dalam pelaksanaan kopetisi ini panitia membagi tiga kategori, yakni kategori manual browing, latte art dan cup tasters. Karena jumlah peserta yang mencapai lebih dari 100 orang, dalam kompetisi ini panitia membagi beberapa babak penyisihan yang menggunakan sistem gugur dan setiap babak hanya diikuti oleh 4 orang peserta.

Menurut panitia penyelenggara, festival kopi Muria ini digelar untuk membangkitkan lagi gairah para pelaku usaha kopi, khususnya kopi Muria, setelah hampir dua tahun tidak bisa mengembangkan usahanya akibat dilanda pandemi. Para peserta yang datang mewakili kedai kopi mereka dari berbagai daerah di Indonesia.

"Sudah 2 tahun terkena pandemi, jadi untuk omzet mereka, penghasilan mereka menurun drastis. Ini sudah mulai dibuka untuk pariwisata, jadi kita promoin kopi Muria disini, dengan mengadakan festival kopi Muria dengan konsep kompetisi barista" ujar Antono, panitia pelaksana festival kopi Muria.  

Salah seorang juri tamu, tidak menyangka dengan antusias peserta cukup tinggi. Terlihat dari jumlah peserta yang mendaftar ternyata diluar perkiraan. Acara seperti ini diharapkan bisa terus dilaksanakan agar kopi daerah seperti kopi Muria ini bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas.

"Bagus banget, ya, antusiasnya banyak. Peserta lomba diluar ekspektasi, lebih banyak dibanding perkiraan" ungkap Gabriella Fernanda, juri tamu festifal kopi Muria.

Selain diharapkan dapat membangitkan kembali geliat para pegusaha kopi, khususnya kopi Muria dengan festival ini juga diharapkan bisa membangkitkan kembali obyek wisata yang sudah mulai dibuka dengan pembatasan jumlah pengunjung dan penerapan protokol kesehatan ketat.

#kopimuria #pandemi #pelakuusaha

Penulis : KompasTV Jateng

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:20
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19