Kompas TV internasional kompas dunia

Presiden Republik Ceko Tak Bisa Bertugas karena Masalah Kesehatan

Kompas.tv - 19 Oktober 2021, 21:48 WIB
presiden-republik-ceko-tak-bisa-bertugas-karena-masalah-kesehatan
Presiden Republik Ceko, Milos Zeman. (Sumber: praguemorning.cz)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

PRAHA, KOMPAS.TV - Presiden Republik Ceko Milos Zeman dilaporkan tidak bisa menjalankan kewajiban karena masalah kesehatan. Hal tersebut diumumkan juru bicara Senat Republik Ceko pada Senin (18/10/2021).

Zeman sendiri sedang dirawat di rumah sakit militer di Praha, Ceko. Berdasarkan pemeriksaan dokter, pihak rumah sakit menyatakan bahwa presiden berusia 77 tahun itu tidak dimungkinkan bertugas.

“Rumah Sakit Militer Pusat berpendapat, Milos Zeman, presiden Republik Ceko, saat ini tidak bisa menjalankan tugas apa pun atas alasan kesehatan,” kata Presiden Senat Republik Ceko, Milos Vystrcil dikutip Associated Press.

Belum diketahui penyakit apa yang diidap Zeman. Presiden yang menjabat sejak 2013 itu sebelumnya diketahui menderita diabetes dan merupakan peminum serta perokok berat.

Baca Juga: Presiden Republik Ceko Sebut Orang Transgender Menjijikkan

Pada 10 Oktober, Zeman dilarikan ke rumah sakit. Pihak rumah sakit sebelumnya menyatakan bahwa sang presiden dirawat di unit perawatan intensif (ICU) dalam kondisi stabil. Detail mengenai kondisi kesehatannya belum diketahui publik.

“Karena karakter penyakitnya, prognosis jangka panjang kesehatan Presiden Milos Zeman masih sangat tidak pasti dan kemungkinan untuk kembali bekerja dalam hitungan pekan kemungkinannya kecil,” imbuh Vystrcil.

Hal ini membuat pembentukan pemerintah hasil pemilhan legislatif pada 8-9 Oktober lalu terhambat. Sebagai presiden, Zeman berwenang menjembatani pemimpin partai untuk membentuk pemerintahan setelah pemilihan legislatif.

Apabila presiden tidak bisa menjalankan kewajiban, perdana menteri dan dua pemimpin badan legislatif yang ada akan mengambil alih tanggung jawab tersebut.

Baca Juga: Masuki Tahun Ajaran Baru, Republik Ceko Memulai Sekolah Tatap Muka

 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x