Kompas TV regional berita daerah

Ekspedisi Singa Nusantara TNI AL, Bantu Pelayanan Kas Keliling di Pulau Terpencil

Kompas.tv - 19 Oktober 2021, 21:15 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV-TNI AL mengerahkan salah satu kapal perangnya untuk membantu Bank Indonesia dalam layanan kas keliling ke pulau terpencil di Indonesia.

Ekspedisi ini diikuti 56 personel, selama enam hari.

Kapal perang yang dikerahkan oleh TNI AL berasal dari satuan kapal cepat Koarmada II, yakni KRI Singa-651 dalam ekspedisi singa nusantara.

Ekspedisi singa nusantara dilepas keberangkatannya oleh Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto, di Dermaga Madura Koarmada II Ujung Surabaya, Senin (18/10/2021).

Rute yang ditempuh untuk pelayanan kas keliling ini adalah wilayah perbatasan, terluar, dan terpencil di Indonesia, selama enam hari, hingga 23 Oktober mendatang.

Pulau tersebut yakni Masalembo, Kangean, Sapeken, Nusa Penida dan berakhir di Denpasar.

“Pelaksanaan kas keliling Bank Indonesia yang didukung oleh TNI AL perlu dilaksanakan, mengingat masyarakat maritim yang tinggal di wilayah tersebut merupakan warga negara Indonesia yang perlu dilayani. Khususnya terkait dengan kebutuhan uang rupiah layak edar dalam jumlah yang cukup, untuk mendukung perputaran uang di wilayah kepulauan 3T, di provinsi Jawa Timur dan Bali” ujar Pangkoarmada II. 

KRI Singa 651 sendiri merupakan kapal kedua dari kapal perang jenis kapal patroli kelas mandau milik TNI AL, yang merupakan jenis kapal cepat torpedo. 

Kapal ini bertugas sebagai elemen pemukul musuh, baik di permukaan maupun di bawah permukaan.

#tnial #krisinga651



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x