Kompas TV regional berita daerah

Lepas Ekspor Jeruk Purut, Mentan Dorong Pengembangan Hortikultura

Kompas.tv - 19 Oktober 2021, 21:00 WIB
Penulis : KompasTV Malang

BATU, KOMPAS.TV-Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melepas ekspor jeruk purut di Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian IP2TP Kota Batu, Selasa (19/10/2021).

Dalam pelepasan ekspor jeruk purut tersebut, Mentan mendorong pengembangan komoditas hortikultura berbasis kawasan, untuk mendongkrak kapasitas ekspor hingga 3 kali lipat dari saat ini.

Yasin menambahkan, jeruk merupakan komoditas Indonesia yang memiliki keunggulan dan permintaan ekspor cukup tinggi serta berkelanjutan.

Sehingga pengembangannya perlu ditingkatkan mencapai 1 juta bibit jeruk unggul, dan salah satunya jeruk purut yang telah memiliki pasar dan permintaan ekspor rutin setiap bulannya.

"Kita launching sama-sama jeruk purut yang memang sudah mendapatkan pasar yang sangat kuat, dan persepsi Internasional terhadap jeruk purut berkualitas tinggi. Hari ini kita lepas ke beberapa negara dan permintaannya cukup besar” ujarnya.

Saat ini pihak petani mengirimkan 1 ton jeruk purut kualitas unggul ke negara Perancis dan Belanda. 

Dalam sepekan mereka dapat melakukan pengiriman antara 2 hingga 3 kali. Jumlah tersebut masih dirasa kecil dibandingkan total permintaan pasar luar negeri.

#eksporjeruk #menteripertanian



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x